KEEFEKTIFAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI PAGONGAN 01 KABUPATEN TEGAL


Bunga Raya Agustina , 1401415125 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI PAGONGAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI PAGONGAN 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI PAGONGAN 01 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menyimak menjadi hambatan bagi siswa dalam proses pembelajaran karena siswa merasa kesulitan dalam memahami makna atau pesan yang terdapat dalam proses menyimak. Terlebih dalam mengajarkan Bahasa Indonesia guru menggunakan metode konvensional yang tidak divariasikan dengan media lain, sehingga siswa merasa jenuh dan berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar. Keadaan demikian mendorong penulis untuk mencari alternatif dalam membelajarkan Bahasa Indonesia melalui media interaktif berbasis Lectora Inspire. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan media interaktif berbasis Lectora Inspire terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas V. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pagongan 01 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 46 siswa terdiri dari kelas VA dan VB. Sampel penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Negeri Tegalwangi 01. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil penelitian uji hipotesis minat belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,360 > 2,015), sehingga H01 ditolak. Perhitungan uji keefektifan minat belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (2,463 > 2,014), sehingga H02 ditolak. Hasil uji hipotesis hasil belajar menggunakan rumus independent samples t test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,709 > 2,015), sehingga H03 ditolak. Perhitungan uji keefektifan hasil belajar menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (4,429 > 2,014) , sehingga H04 ditolak. Simpulan penelitian ini adalah penerapan media interaktif berbasis Lectora Inspire terbukti efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa daripada media teks cerita. Disarankan untuk guru hendaknya berlatih mengunakan media interaktif berbasis Lectora Inspire karena terbukti efektif terhadap minat dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Media Interaktif, Lectora Inspire, Minat Belajar, Bahasa Indonesia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 13:35
Last Modified: 02 Dec 2019 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33478

Actions (login required)

View Item View Item