PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD “DUNG TAK” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERNYANYI SESUAI RITMIS KELAS IV SD NEGERI 1 METESEH KENDAL


Niken Ariyana Putri , 1401415106 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD “DUNG TAK” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERNYANYI SESUAI RITMIS KELAS IV SD NEGERI 1 METESEH KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD “DUNG TAK” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERNYANYI SESUAI RITMIS KELAS IV SD NEGERI 1 METESEH KENDAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DAN CD “DUNG TAK” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERNYANYI SESUAI RITMIS KELAS IV SD NEGERI 1 METESEH KENDAL) - Published Version
Download (816kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di SDN 1 Meteseh Kendal, permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah ketersediaan media yang masih terbatas untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu media yang digunakan guru dalam pembelajaran materi bernyanyi sesuai ritmis yang hanya menggunakan buku siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diadakan penelitian pengembangan Buku Panduan dan CD untuk mengatasi keterampilan bernyanyi sesuai ritmis siswa kelas empat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan dan keefektifan media Buku Panduan dan CD. Penelitian ini menggunakan teori Sugiyono dengan tahap-tahap dalam pengembangan media tersebut meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, (9) revisi produk final. Produk final dijadikan produksi terbatas hanya untuk siswa kelas IV SDN 1 Meteseh Kendal. Data diperoleh melalui angket kebutuhan guru dan siswa, sedangkan lembar validasi berasal dari ahli media dan materi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 98% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli media adalah 94% dengan kriteria sangat layak. Angket tanggapan siswa dan guru mendapatkan kriteria sangat layak. Hasil belajar uji skala besar mengalami peningkatan dengan perolehan kriteria tinggi. Dibuktikan pada hasil rata-rata nilai posttest sebesar 85 dibandingkan rata-rata nilai pretest sebesar 51 dengan perolehan N-gain sebesar 0,70 dalam kriteria tinggi. Simpulan penelitian yaitu 1) Pengembangan media Buku Panduan dan CD menggunakan teori Sugiyono. 2) Kriteria penilain kelayakan media dan materi sangat layak. 3) Media Buku Panduan dan CD efektif untuk belajar bernyanyi sesuai ritmis di kelas empat SD. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk mengembangkan media yang lebih banyak untuk belajar bernyanyi sesuai ritmis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bernyanyi sesuai ritmis; buku panduan; CD interaktif; pengembangan media
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 12:57
Last Modified: 02 Dec 2019 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33466

Actions (login required)

View Item View Item