PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IVA SD NEGERI WONOSARI 03


Eflin Puput Putriana, 1401415088 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IVA SD NEGERI WONOSARI 03. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IVA SD NEGERI WONOSARI 03]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IVA SD NEGERI WONOSARI 03) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan IPA sebagai bidang studi yang diberikan pada jenjang pendidikan di lingkungan persekolahan, memberikan bekal pengetahuan, serta memberikan bekal nilai dan sikap serta keterampilan dalam kehidupan peserta didik di masyarakat, bangsa dan Negara dalam berbagai karakteristik. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data dokumen yang dilakukan pada bulan Januari 2019 di SD Negeri Wonosari 03 menunjukkan bahwa nilai rata-rata paling rendah terdapat pada muatan Ilmu Pengetehuaan Alam dikelas IVA. Hal tersebut dikarenakan kurang optimalnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah karakteristik model dan desain, kelayakan, keefektifan serta kepraktisan media game edukasi berbasis android dengan model problem based learning pada muatan pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Prosedur penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari sepuluh langkah model pengembangan menurut Sugiyono. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba skala kecil dan uji skala besar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, data dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji n-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 83,92% dengan kategori sangat layak. Persentase yang dicapai oleh ahli media 95% dengan kategori sangat layak. Peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil uji skala besar pada pemberian pretest dan posttest dengan perolehan kriteria sedang . Pada hasil rata-rata posttest kelas IVA, yaitu 59,74 dibandingkan rata-rata pretest sebesar 72,9. Penggunaan media dalam pembelajaran menunjukan bahwa siswa menjadi lebih aktif. Simpulan penelitian ini yaitu media game edukasi berbasis android dengan model problem based learning layak dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Saran untuk guru, mengoptimalkan media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA, media pembelajaran, Game edukasi, android
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 12:59
Last Modified: 02 Dec 2019 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33463

Actions (login required)

View Item View Item