HUBUNGAN INTERIOR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS III SD NEGERI GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Ika Kristiyani , 1401415072 (2019) HUBUNGAN INTERIOR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS III SD NEGERI GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN INTERIOR KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS III SD NEGERI GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (784kB) | Preview |
Abstract
Hasil penelitian Programme for International Student Assesment (PISA) 2015 yang menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar anak-anak Indonesia masih rendah yaitu dari 69 negara, Indonesia berada pada peringkat 63. Artinya kualitas pendidikan di Indonesia perlu ditingkatkan. Salah satu permasalahan ini terjadi di SDN Kecamatan Gunungpati Kota Semarang pada muatan pelajaran PPKn.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan Interior kelas dan hasil belajar PPKn siswa kelas III, mengkaji hubungan motivasi belajar dan hasil belajar PPKn, dan mengkaji hubungan Interior kelas dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Gugus Drupadi Kota Semarang dengan jumlah 166 siswa dan sampel penelitian sejumlah 116 siswa dengan teknik Cluster Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Interior kelas dengan hasil belajar PPKn yang memiliki nilai signifikansi 0,529; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar PPKn yang memiliki nilai signifikansi0,518; dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Interior kelas dan motivasi beajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKn yang memiliki nilai signifikansi 0,610. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Interior kelas dan hasil belajar PPKn,terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar PPKn, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Interior kelas dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar muatan pelajaran PPKn. Disarankan Guru dapat membuat variasi tata ruang kelas yang menarik agar motivasi siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Interior kelas; Motivasi Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 13:01 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 13:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33460 |
Actions (login required)
View Item |