NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SYAIR LAGU DANGDUT “MUARA KASIH BUNDA” YANG DIPOPULERKAN OLEH ERIE SUZAN


Yetti Meilinda, 1102414118 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SYAIR LAGU DANGDUT “MUARA KASIH BUNDA” YANG DIPOPULERKAN OLEH ERIE SUZAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SYAIR LAGU DANGDUT “MUARA KASIH BUNDA” YANG DIPOPULERKAN OLEH ERIE SUZAN]
Preview
PDF (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SYAIR LAGU DANGDUT “MUARA KASIH BUNDA” YANG DIPOPULERKAN OLEH ERIE SUZAN) - Published Version
Download (689kB) | Preview

Abstract

Lagu dalam kehidupan manusia merupakan salah satu alat untuk membentukkarakter seseorang. Memperkenalkan lagu yang bermuatan nilai-nilai positif dan pesan moral di dalamnya yang disisipkan dalam lirik sebuah lagu dimaksudkanuntuk mendidik perkembangan psikologi pada anak. Satu musik yang diawal kemunculannya dipandang sebelah mata adalah lagu dangdut.Diksi pada lagu dangdut kekinian terjadi perubahan makna yang hanya memperhatikankesenangan sesaat tanpa mengindahkan nilai-nilai moral dan agama. Tetapi tidak semua lagu dangdut memiliki pesan yang negatif. Masih ada lagu dangdut yang liriknya mengandung pesan-pesan moral yang positif, salah satunya adalah lagu yang akan dijadikan objek penelitian oleh peneliti yaitu “Muara Kasih Bunda” ciptaan Adibal Shahrul yang dipopulerkan oleh penyanyi dangdut terkenal, Erie Suzan.Penelitian ini dilakukan pada siswa-siswa SMK 11 Semarang pada Bulan September 2018 yang bertujuan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam syair lagu dangdut Muara Kasih Bunda yang dipopulerkan oleh Erie Suzan.Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi dengan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan berbagai narasumber. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam syair lagu dangdut Muara Kasih Bunda, yaitu sebanyak 73% responden memilih nilai religius dan cinta damai, 67% responden memilih nilai jujur dan kerja keras, dan 60% responden memilih nilai tanggung jawab. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut pendidik harus mampu mengedukasi peserta didik dalam pemilihan lagu yang liriknya bermakna positif, sehingga karakter yang dibangun dapat menghasilkan karakter yang positif.Masyarakat juga disarankan pemilihan lagu agar tidak merusak moral anak-anak, dan agar anak-anak tumbuh sesuai dengan usianya dengan karakter yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Nilai pendidikan karakter, dan Syair lagu
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2019 17:18
Last Modified: 29 Nov 2019 17:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33448

Actions (login required)

View Item View Item