MODERNISASI PEMBELAJARAN SANTRI Studi Fenomenologi Strategi Pembelajaran Digital melalui Media Sosial di Pondok Pesantren Assabiila Gunungpati
Wahyu Puji Lestari , 1102414115 (2019) MODERNISASI PEMBELAJARAN SANTRI Studi Fenomenologi Strategi Pembelajaran Digital melalui Media Sosial di Pondok Pesantren Assabiila Gunungpati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MODERNISASI PEMBELAJARAN SANTRI Studi Fenomenologi Strategi Pembelajaran Digital melalui Media Sosial di Pondok Pesantren Assabiila Gunungpati)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang telah ada sebelum Indonesia meraih merdeka. Seiring semakin modernnya zaman dan teknologi yang semakin berkembang pesat, tidak merubah paradigma masyarakat terhadap pondok pesantren. Pondok pesantren masih saja dianggap sebagai lembaga pendidikan yang kuno dan menggunakan sistem pembelajaran yang masih konvensional. Pondok Pesantren Terpadu Mahasiswa Assabiila adalah salah satu pondok pesantren yang mematahkan paradigma tersebut dengan menerapkan strategi pembelajaran digital melalui media sosial Instagram sebagai upaya modernisasi pembelajaran santri. Penelitian ini mengungkap bagaimana Pondok Pesantren Mahasiswa Assabiila menerapkan strategi pembelajaran digital sebagai bentuk modernisasi pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kondisi pembelajaran santri masa lalu sangat konservatif memerlukan adanya proses modernisasi. Perlunya modernisasi pembelajaran Pondok Pesantren Assabiila karena status pondok pesantren merupakan pondok pesantren mahasiswa dengan tuntutan dan tanggung jawab memiliki daya inovasi, intelektualitas, dan modernisasi melebihi pondok pesantren umum lainnya.. Proses modernisasi pembelajaran santri Pondok Pesantren Assabiila harus memenuhi beberapa syarat yaitu, cara berpikir yang ilmiah, sistem administrasi, penciptaan iklim yang menyenangkan, penggunaan alat-alat komunikasi massa, organisasi, dan kurikulum. Salah satu proses modernisasi pembelajaran di Pondok Pesantren Assabiila yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran digital Instagram. Instagram dipilih sebagai media dikarenakan minat yang tinggi para santri terhadap penggunaan platform tersebut. Proses dimulai saat kajian oleh pengasuh, kemudian proses editing oleh pengurus, dan yang terakhir adalah proses posting konten pada akun Instagram resmi @ppassabiila. Dengan modernisasi pembelajaran melalui Instagram, pembelajaran santri di Pondok Pesantren Assabiila menjadi lebih menarik, efektif, dan modern. Agar strategi pembelajaran digital dapat berjalan dengan efektif harus didukung dengan konten yang dapat dipertanggung jawabkan serta kontribusi santri melalui diskusi online di Instagram.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Digital, Pondok Pesantren, Santri, Instagram, Modernisasi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 17:12 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 17:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33447 |
Actions (login required)
View Item |