PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI MTs NU UNGARAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Titik Setiowati , 1102414039 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI MTs NU UNGARAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI MTs NU UNGARAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pembelajaran, banyaknya siswa yang kurang minat dalam proses pembelajaran dipengaruhi karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru sehingga siswa merasa bosan dengan metode yang kurang variatif. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan meneliti tentang pengaruh penggunaan aplikasi Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa Bangun Ruang Sisi Datar pada mata pelajaran Matematika Kelas VIII di MTs NU Ungaran. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis pre eksperimental design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest only design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NU Ungaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi , tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji efektifitas dengan menggunakan uji N-Gain menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar sebesar 0.617 termasuk pada kategori sedang. Dengan hasil tersebut, maka pembelajaran dapat dikatakan berjalan dengan baik karena adanya peningkatan hasil belajar. Sehingga pembelajaran menggunakan aplikasi Augmented Reality kelas eksperimen efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudia berdasarkan hasil uji paired sample t test dengan program SPSS, dapat dilihat bahwa output dari data pretest dan posttest, untuk nilai pretest diperoleh rata-rata hasil belajar yakni 39,28 sedangkan untuk nilai posttest diperoleh dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 76,75. Jumlah responden atau siswa yang dijadikan sampel sebanyak 28 orang ssiwa. Kemudia diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Augmented Reality dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang sisi datar mata pelajaran Matematika. Adapun Saran peneliti yaitu penyediaan dan pengoptimalan pemanfaatan android untuk menunjang proses pembelajaran dan perlu adanya penggunaan aplikasi augmented reality pada mata pelajaran lain karena sudah terbukti dengan adanya penggunaan aplikasi augmented reality dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Augmented Reality |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 15:32 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 15:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33439 |
Actions (login required)
View Item |