ANALISIS HASIL KARYA SENI RUPA ANAK DI SDN MARGADANA 7 KOTA TEGAL
Diah Kurniati , 1401415061 (2019) ANALISIS HASIL KARYA SENI RUPA ANAK DI SDN MARGADANA 7 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS HASIL KARYA SENI RUPA ANAK DI SDN MARGADANA 7 KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Menggambar merupakan salah satu kegiatan yang diberikan kepada siswa untuk menyalurkan ekspresi dan kreativitas siswa. Gambar yang dieskpresikan oleh setiap siswa memiliki perbedaan satu sama lain. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki sudut pandang tersendiri dalam mengungkapkan ide dan hasil pengamatannya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana periodesasi perkembangan seni rupa anak, tipologi gambar anak, karakteristik seni rupa anak, relevansi karakteristik seni rupa anak di SDN Margadana 7 Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen grafis, foto-foto, rekaman, dan video. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas yang meliputi triangulasi sumber dan teknik serta member check, uji transferability, uji dependenability, dan uji comfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil karya seni rupa siswa kelas I-III di SDN Margadana 7 berdasarkan periodesasinya sebagian besar karya siswa menunjukkan pada tahap bagan. Hasil karya seni rupa siswa kelas I-III di SDN Margadana 7 berdasarkan tipologi sebagian besar karya siswa menunjukkan tipe visual. Hasil karya seni rupa siswa kelas I-III di SDN Margadana 7 berdasarkan karakteristik seni rupa anak menunjukkan sebagian besar karya siswa memiliki karakteristik perspektif burung. Hasil karya seni rupa siswa kelas I-III di SDN Margadana 7 berdasarkan relevansi karakteristik seni rupa anak sebagain besar siswa perkembangan fisik dan mentalnya sudah berkembang dengan baik. Saran yang dapat dikemukakan adalah kegiatan menggambar hendaknya didukung dengan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan seni rupa anak. Sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kemampuan dan keterampilan siswa dalam menggambar. Guru juga perlu melakukan pelatihan-pelatihan mengenai kegiatan pembelajaran seni rupa sehingga proses pembelajaran seni rupa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik gambar anak, Periodesasi gambar anak, Tipologi gambar anak. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 14:09 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 14:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33433 |
Actions (login required)
View Item |