PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL
Dwi Lestari Sulistia Ningrum , 1401415040 (2019) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (872kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SD Se-Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kurang optimal. Rendahnya hasil belajar IPS disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya adalah interaksi sosial dan konsentrasi belajar yang kurang maksimal. Interaksi sosial termasuk faktor eksternal, sedangkan konsentrasi belajar termasuk faktor internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Se-Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yang berjumlah 191 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan sampel sebanyak 134 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk hasil belajar IPS dan angket untuk interaksi sosial dan konsentrasi belajar. Analisis pengolahan data menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan interaksi sosial terhadap hasil belajar IPS dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel (8,676 ˃ 1,978), signifikansinya 0,000 ˂ 0,05, dan korelasi keduanya sebesar 0,603. Besar sumbangan interaksi sosial terhadap hasil belajar IPS sebesar 36,3%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar IPS dibuktikan perolehan thitung > ttabel (5,317 ˃ 1,978), signifikansinya 0,000 ˂ 0,05 dan korelasi keduanya sebesar 0,420. Besar sumbangan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 17,6%; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan interaksi sosial dan konsentrasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS dibuktikan nilai Fhitung > Ftabel (37,801 ˃ 3,065) dan korelasi ganda sebesar 0,605. Besar sumbangan interaksi sosial dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 36,6%. Simpulan penelitian ini bahwa interaksi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Se-Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Saran dari peneliti hendaknya guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa dimana siswa yang bisa menjawab diberikan penghargaan, serta memberikan tugas-tugas menantang sehingga kemampuan bersaing siswa meningkat dan fokus siswa terpusat pada kegiatan belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPS, interaksi sosial, konsentrasi belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 14:18 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 14:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33426 |
Actions (login required)
View Item |