PENGARUH KESIAPAN GURU DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL


Kuat Yumaroh , 1401415037 (2019) PENGARUH KESIAPAN GURU DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KESIAPAN GURU DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KESIAPAN GURU DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dapat berjalan ketika ada kurikulum yang diterapkan. Kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan. Penyempurnaan KTSP menjadi Kurkulum 2013 menyebabkan adanya beberapa guru yang belum sepenuhnya memahami maksud, tujuan, dan cara mengimplementasikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kesiapan guru dan pemanfaatan sumber belajar terhadap penerapan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar se-Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru kelas yang sudah menerapkan kurikulum 2013 se-Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal yang berjumlah 188 guru. Pengambilan sampel menggunakan Cluster sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 guru. Teknik pengumpulann data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan kuesioner atau angket. Penghitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefesien determinan (R2), dan uji koefesien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara kesiapan guru terhadap penerapan kurikulum 2013 yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (2,048> 1,983); (2) ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar terhadap penerapan kurikulum 2013 yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel (2,559 > 1,983); (3) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap komptensi yang ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel (5,429 > 3,090); (4) besarnya pengaruh kesiapan guru sebesar 4,1%; (5) besarnya pengaruh pemanfaatan sumber belajar sebesar 6,30%; (6) besarnya kesiapan guru dan pemanfaatan sumber belajar secara bersama-sama sebesar 10,1%. Guru harus meningkatkan kesiapannya dalam hal kondisi fisik, psikis, dan emosionalnya dan memanfatkan semua jenis sumber belajar secara maksimal dalam penerapan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru, Pemanfaatan Sumber Belajar, Penerapan Kurikulum 2013
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:19
Last Modified: 29 Nov 2019 14:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33425

Actions (login required)

View Item View Item