PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SCREENCAST O-MATIC MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG


Tiara Anjani , 1102413007 (2019) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SCREENCAST O-MATIC MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SCREENCAST O-MATIC MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SCREENCAST O-MATIC MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 sudah digunakan di SMP Negeri 15 Semarang. Dengan menggunakan kurikulum 2013 siswa dituntut harus aktif dan kreatif, namun masih ada beberapa guru yang masih menggunakan metode ceramah dikelas yang dinilai sudah tidak lagi efektif untuk pembelajaran. Maka dari itu guru membutuhkan media audio visual untuk mempermudah siswa memahami pembelajaran. Peneliti tertarik untuk membuat video pembelajaran menggunakan software screencast omatic guna membantu guru dalam menyampaikan materi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu agar mempermudah siswa memahami materi dan alternatif media pembelajaran yang menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan. Menggunakan model pengembangan analysis, design, development, implementation, and evaluation (ADDIE) yang dikembangkan oleh Reisser dan Mollenda. Teknik pengembilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Video pembelajaran ini sudah divalidasi oleh ahli media dengan skor rata-rata 75% yang termasuk kategori layak dengan beberapa perbaikan untuk menyempurnakan produk dan validasi ahli materi dengan skor 94,09% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukan bahwa video pembelajaran layak digunakan untuk penelitian dilapangan. Hasil penelitian preetest yang tuntas 14% sedangkan posttest yang tuntas 97%. Frekuensi kenaikan hasil belajar dapat dilihat dari rentang hasil pretest dan posttest mengalami kenaikan 83%. Jadi bisa di katakan video pembalajaran ini efektif diterapkan di kelas. Jika sudah dinyatakan efektif maka guru dapat menggunakan video pembelajaran di dalam kelas dan sekolah dapat melengkapi sarana dan prasarana dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, ADDIE, Video Pembelajaran Screencast O-matic
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Nov 2019 18:58
Last Modified: 28 Nov 2019 18:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33423

Actions (login required)

View Item View Item