TERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ISPRING QUIZMAKER DALAM PROSES PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X SMKN 8 SEMARANG


Okta Pratiwi , 1102412102 (2019) TERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ISPRING QUIZMAKER DALAM PROSES PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X SMKN 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ISPRING QUIZMAKER DALAM PROSES PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X SMKN 8 SEMARANG]
Preview
PDF (TERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ISPRING QUIZMAKER DALAM PROSES PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X SMKN 8 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan TIK memungkinkan segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan pemindahan informasi antar media terjadi dengan cepat dan mudah. Kondisi tersebut menuntut perlu adanya sistem pengembangan kualitas sumber daya manusia yang mampu mengimbangi perkembangan TIK, sehingga dapat bersaing dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ketenaga kerjaan baik dalam kancah nasional maupun internasional. Penggunaan media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, selain dalam proses pengajaran adalah dalam proses penilaian pembelajaran tersebut. Sehingga proses penilaian peserta didik dapat secara efektif mengetahui perkembangan pengetahuan dan hasil belajar peserta didik. Peneliti tertarik untuk meneliti media penilaian interaktif berbasis ispring quizmaker terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah adanya penggunaan media penilaian interaktif berbasis ispring quizmaker masih belum terbukti secara efisien dalam penggunaanya. Peneliti bermaksud untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh media penilaian interaktif berbasis ispring quizmaker yang selanjutnya akan berdampak terhadap hasil nilai siswa dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan terapan media penilaian interaktif berbasis ispring quizmaker dalam proses penilaian hasil belajar mata pelajaran jaringan dasar kelas X SMKN 8 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre Experimental Design. Sampel yang digunakan adalah 35 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan angket, tes. Pada tabel dapat dilihat bahwa nilai t sebesar 4,217 dengan sig = 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa (Ha) diterima yang berbunyi ‖ada pengaruh penggunaan media ispring quiz maker terhadap hasil belajar siswa multimedia SMK Negeri 8 Semarang‖ maka Ha diterima. Besarnya pengaruh media ispring quiz maker terhadap hasil belajar siswa multimedia SMK Negeri 8 Semarang dalam mata pelajaran jaringan dasar pada program kompetensi keahlian multimedia adalah sebesar 82%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Penilaian Interaktif, Ispring Quizmaker, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Nov 2019 18:50
Last Modified: 28 Nov 2019 18:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33422

Actions (login required)

View Item View Item