PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN POWTOON PADA TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS III SD 2 WERGU WETAN KUDUS
Diah Dwi Widyawati , 1102412071 (2019) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN POWTOON PADA TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS III SD 2 WERGU WETAN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN POWTOON PADA TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS III SD 2 WERGU WETAN KUDUS)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Proses pelaksanaan pembelajaran di SD 2 Wergu Wetan Kudus tidak sepenuhnya menggunakan metode konvensional, guru menggunakan media berupa papan tulis dalam penyampaian materi pembelajaran. Namun, penggunaan media papan tulis masih belum efektif sehingga menjadikan siswa bosan dan cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru dan kurang memberi umpan balik sehingga berimbas pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan adanya inovasi media pembelajaran lain, yaitu dengan menggunakan media video. Video pembelajaran powtoon berisi teks, grafis, musik dan animasi merupakan produk yang tepat untuk mengatasi kebosanan siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan video pembelajaran powtoon pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, (2) pengaruh penggunaan video pembelajaran powtoon di kelas III SD 2 Wergu Wetan. Pengembangan video pembelajaran powtoon menggunakan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan metode preexperimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh atau populatif sampling. Metode pengumpulan data, yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas data pretestposttest dan uji-t menggunakan bantuan program SPSS versi 16 dan penarikan simpulan. Pada aspek validasi hasil produk dinyatakan “sangat baik” dengan persentase 92,7% dari ahli media dan 90,5% dari ahli materi, sehingga media layak digunakan di lapangan. Sedangkan pada aspek keaktifan siswa nilai persentasenya sebesar 85,3% yang masuk kriteria “sangat aktif”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih kecil daripada t tabel (-22,966 < - 2,024) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) pengembangan video pembelajaran powtoon telah dikembangkan sesuai dengan model pengembangan ADDIE, (2) penggunaan video pembelajaran powtoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebersar 18,46 % dari nilai rata-rata 64,1 menjadi 82,56. Saran dari penelitian ini adalah (1) sebagai bahan pertimbangan guru agar dapat menggunakan video pembelajaran powtoon sebagai media dalam pembelajaran, (2) perlunya pengelolaan kelas yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan video pembelajaran powtoon.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Powtoon |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 16:52 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 16:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33420 |
Actions (login required)
View Item |