EVALUASI KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 TRANGKIL KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2018/ 2019


Ulfa Nur Aryanti , 1102412069 (2019) EVALUASI KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 TRANGKIL KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2018/ 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 TRANGKIL KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2018/ 2019]
Preview
PDF (EVALUASI KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 TRANGKIL KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2018/ 2019) - Published Version
Download (949kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan di sekolah diantaranya dipengaruhi oleh kurikulum dan kualitas guru. Saat ini Pemerintah sedang memberlakukan Kurikulum 2013 yaitu kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter. Sebaik apapun kurikulum yang digunakan, tanpa disertai kualitas pendidik yang baik, hasilnya tentu tidak akan maksimal. Oleh karena itu, guru dituntut memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugasnya secara efektif. Salah satu kompetensi guru yang harus dimiliki yaitu kompetensi pedagogik yang didalamnya terdapat aspek perencanaan pembelajaran. Menurut Aqib Zainal (2002: 22) sebelum terlaksananya proses pembelajaran di kelas, terlebih dahulu guru menyusun perangkat pembelajaran, menyiapkan materi yang relevan, merancang metode yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa, menyediakan sumber belajar dan media.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang mencakup: (1) Silabus; (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (3) Lembar Kegiatan Siswa; (4) Bahan Ajar; dan (5) Penilaian Hasil Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model diskrepansi yang dilakukan pada guru SMP Negeri 2 Trangkil dengan jumlah responden 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner/ angket dan dokumentasi sebagai pelengkap. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran silabus berada pada kategori sangat tinggi (86,4%); (2) kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran RPP sebesar 85,3% pada kategori sangat tinggi; (3) kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran LKS sebesar 84,5% termasuk kategori sangat tinggi; (4) kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran bahan ajar berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 80,58%; dan (5) kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran penilaian hasil belajar sebesar 84% dalam kategori sangat tinggi. Secara keseluruhan kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi. Saran dari penelitian ini para guru hendaknya lebih bisa meningkatkan kompetensi pedagogik khususnya pada pengembangan perangkat pembelajaran, diantaranya melalui seminar dan diklat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Perangkat Pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Nov 2019 16:38
Last Modified: 28 Nov 2019 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33419

Actions (login required)

View Item View Item