PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR SISWA KELAS X TKJ DI SMK NAHDLATUL ULAMA UNGARAN
Muhammad Zaki Mubarok , 1102412064 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR SISWA KELAS X TKJ DI SMK NAHDLATUL ULAMA UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR SISWA KELAS X TKJ DI SMK NAHDLATUL ULAMA UNGARAN)
- Published Version
Download (682kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan sebuah media pembelajar interaktif, yang terpenting adalah media dapat lebih efektif dalam pembelajaran dan bermanfaat, dimana dapat mempermudah guru menjelaskan sebuah materi pembelajaran untuk dipahami oleh siswa. ketika guru menyampaikan materi hanya memanfaatkan media buku dan modul sebagai media pembelajaran, sehingga pembelajaran kurang diterima dengan baik. Meskipun guru telah memberikan contoh yang kongkret namun dalam penyampaiannya masih cenderung monoton dan membosankan sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Peneliti merumuskan masalah, yaitu: (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis website yang tepat untuk mendukung pembelajaran Pemrograman Dasar di SMK NU Ungaran. (2) Menguji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Pemrograman Dasar di SMK NU Ungaran. peneliti mencoba membuat suatu media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan media webiste. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa dan model pembelajaran baru untuk guru serta untuk melihat tingkat keefektifan media pembelajaran dengan memanfaatkan media website bagi siswa di SMK NU Ungaran, dalam pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website ini menggunakan model pengembangan ADDIE Karena model ADDIE dalam tahapannya terdiri analisis, design, development, implementation dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan dokumentasi. Analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan mengunakan analisis deskriptif, analisis uji normalitas, uji homogenitas, analisis uji hipotesis, uji t-Test penelitian ini dan data yang diperoleh dapat disimpulkan. Berdasarkan uji keefektifan menggunakan uji-t diperoleh t-hitung -16,729 sedangkan t-tabel -2,036 dengan nilai sig 5% sehingga (H0) di tolak sedangkan (Hi) diterima dapat dikatakan effektif Saran bagi dunia pendidikan kebermanfaat website dapat digunakan untuk media pembelajaran secara online. Untuk bisa melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis website, diharapkan pihak sekolah mampu meningkatkan SDM guru dan siswa dalam bidang pemanfaatan media pembelajaran interaktif, memfasilitasi sarana dan prasarana seperti adanya laboratorium komputer, projektor, serta sarana yang mendukung lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Interaktif Berbasis Website, Hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 16:30 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 16:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33418 |
Actions (login required)
View Item |