HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Desi Hikmawati , 1401415030 (2019) HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SDN GUGUS SRIKANDI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (939kB) | Preview

Abstract

Disiplin belajar dan kemandirian belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Seseorang yang memiliki disiplin belajar baik dan kemandirian belajar yang baik, maka akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Semakin baik disiplin belajar dan kemandirian belajar, akan semakin baik hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. (2) menguji hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. (3) menguji hubungan disiplin belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang sejumlah 183 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sejumlah 128 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi disiplin belajar dan kemandirian belajar sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner atau angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analsis statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia, nilai rhitung = 0,638 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 46,6%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia, nilai rhitung = 0,705 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 49,6%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia, nilai rhitung = 0,769 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 59,1%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Gugus Srikandi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Saran bagi guru diharapkan mampu meningkatkan disiplin belajar dan kemandirian belajar siswa sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar; kemandirian belajar; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Nov 2019 13:52
Last Modified: 28 Nov 2019 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33412

Actions (login required)

View Item View Item