PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS MIND MAPPING SEBAGAI SUMBER BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 04 SEMARANG
Nurul Khairun Nisa , 1401415010 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS MIND MAPPING SEBAGAI SUMBER BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS MIND MAPPING SEBAGAI SUMBER BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 04 SEMARANG)
- Published Version
Download (865kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Purwoyoso 04 Semarang melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait dengan keterbatasan sumber belajar dan penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan bahan ajar elektronik flipbook berbasis mind mapping, bagaiman kelayakan bahan ajar elektronik flipbook berbasis mind mapping, dan bagaimana keefektifan bahan ajar elektronik flipbook berbasis mind mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengembangkan bahan ajar elektronik flipbook berbasis mind mapping, mengkaji kelayakan bahan ajar elektronik flipbook berbasis mind mapping, dan menguji keefektifan bahan ajar elektronik flipbook berbasis mind mapping Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi peelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Purwoyoso 04 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar elektronik flipbook berbasis mind mapping sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 100%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 90,625% dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 93,75%. Hasil uji perbedaan ratarata menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-failed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,480 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar elektronik flipbook berbasis mind mapping layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan IPS materi keragaman budaya di Indonesia. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan bahan ajar elektronik flipbook berbasis mind mapping pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menambah referensi untuk memperdalam pembahasan materi dalam bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Elektronik Flipbook; IPS; Mind Mapping |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 14:07 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 14:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33408 |
Actions (login required)
View Item |