PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME BERBASIS APLIKASI DENGAN MODEL TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IVA SDN SAMPANGAN 01 KOTA SEMARANG


Muhammad Ghani Majid , 1401415001 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME BERBASIS APLIKASI DENGAN MODEL TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IVA SDN SAMPANGAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME BERBASIS APLIKASI DENGAN MODEL TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IVA SDN SAMPANGAN 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME BERBASIS APLIKASI DENGAN MODEL TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IVA SDN SAMPANGAN 01 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (724kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar muatan IPA siswa kelas IVA SDN Sampangan 01 Kota Semarang yang belum optimal. Materi pada muatan IPA yang relatif banyak menuntut siswa untuk memahami materi secara mendalam dan guru belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inovatif. Permasalahan tersebut membuat siswa cenderung kurang kreatif dalam belajar dan sulit memahami materi yang disampaikan, sehingga perlu adanya perlakuan yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran monopoli game berbasis aplikasi dengan model TGT, karena media dan model tersebut memungkinkan siswa untuk menguasai dan memahami materi yang banyak dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji tentang pengembangan media pembelajaran monopoli game berbasis aplikasi dengan model TGT pada muatan IPA kelas IVA SDN Sampangan 01 Semarang. Jenis penelitan ini adalah penelitian research and development dengan melibatkan sampel sebanyak 32 siswa kelas IVA dari SDN Sampangan 01 Kota Semarang . Pengumpulan data yang di butuhkan menggunakan tes, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas data, selanjutnya analisis akhir menggunakan uji t, dan n gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar IPA matei gaya dan gerak sebelum menggunakan media monopoli game dan sesudah menggunakan monopoli game berbasis aplikasi.Kemudian terdapat peningkatan rata-rata pad hasil pretest dan posttest siwa peningkatan rata-rata (gain) data pretest dan posttest sebersar 0.371. Simpulan dari penelitian ini adalah media monopoli game efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Saran bagi pihak sekolah yaitu pihak sekolah sebaiknya mendukung adanya penerapan media pembelajaran inovatif di lembaganya. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif pemilihan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang menarik, dengan demikian siswa akan antusias dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA SD, TGT, Monopoli Game
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Nov 2019 14:09
Last Modified: 28 Nov 2019 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33406

Actions (login required)

View Item View Item