PENGARUH BULLYING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESEHATAN MENTAL ANAK DI SD NEGERI 08 MULYOHARJO KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG


Dian Rakhmawati , 1401414449 (2019) PENGARUH BULLYING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESEHATAN MENTAL ANAK DI SD NEGERI 08 MULYOHARJO KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH BULLYING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESEHATAN MENTAL ANAK DI SD NEGERI 08 MULYOHARJO KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENGARUH BULLYING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESEHATAN MENTAL ANAK DI SD NEGERI 08 MULYOHARJO KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (702kB) | Preview

Abstract

Rendahnya tingkat pemahaman seseorang terhadap bullying dan pengaruhnya menjadi pekerjaan rumah untuk semua pihak, terutama pihak pemerintah. Tekanan atau beban mental juga dapat mempengaruhi reaksi emosi dan tindakan anak-anak dalam kehidupannya sehari-hari. Ketika anak tersebut tertekan baik secara fisik maupun mental, maka reaksi emosi yang ditimbulkan anak tersebut menjadi besar. Reaksi emosi yang ditimbulkan menyebabkan anak tersebut melampiaskannya kepada orang lain, terutama pada temannya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana gambaran umum bullying yang terjadi, apa saja faktor yang menyebabkan bullying terjadi dan bagaimana pengaruh bullying terhadap kecerdasan emosional dan kesehatan mental anak di SD Negeri 08 Mulyoharjo Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Subjek penelitian adalah kelas IV di SD Negeri 08 Mulyoharjo Kecamatan Pemalang karena di kelas tersebut paling banyak terjadi perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan informasi dari orang tua siswa pelaku dan korban bullying agar dapat mengetahui perbedaan perilaku sehari-hari dari korban dan pelaku bullying di rumah selain di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bentuk bullying yang terjadi berupa bullying verbal, bullying fisik, dan bullying relasional. Bentuk bullying verbal berupa ejekan menggunakan nama julukan. Bentuk bullying fisik berupa penyerangan yang disertai pemukulan di berbagai anggota tubuh, seperti pipi, pantat, dan tangan. Bentuk bullying relasional berupa penolakan untuk masuk kelompok belajar, dan pengucilan dalam bermain. Faktor yang menyebabkan bullying diantaranya yaitu rasa dengki, kurang perhatian dari guru kelas maupun keluarga, sikap ingin terlihat kuat dan keren, dan rasa balas dendam yang ia miliki. Kejadian di masa lalunya sangat berpengaruh terhadap perubahan sikap dan emosi anak. Perilaku anak dalam sehari-hari dapat berubah setelah mengalami bullying baik sebagai korban maupun pelaku. Pengaruh yang ditimbulkan oleh bullying terhadap kecerdasan emosi dan kesehatan mental adalah anak menjadi pribadi yang pemurung, pesimis, apatis terhadap lingkungan sekitar, penurunan nilai akademik dan mudah menangis jika anak tersebut sebagai korban. Sedangkan pribadi yang senang diatas penderitaan orang lain, merasa kuat, dan mudah marah jika keinginannya tidak terkabul jika anak tersebut sebagai pelaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh bullying; kecerdasan emosional; kesehatan mental.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Nov 2019 14:12
Last Modified: 28 Nov 2019 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33405

Actions (login required)

View Item View Item