Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi Bidang Studi Geografi Kelas X Pada Materi Pokok Litosfer Tahun Ajaran 2004/ 2005 Di SMA Negeri 2 Rembang.


Yunia Iswandari, 3201401009 (2005) Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi Bidang Studi Geografi Kelas X Pada Materi Pokok Litosfer Tahun Ajaran 2004/ 2005 Di SMA Negeri 2 Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi Bidang Studi Geografi Kelas X Pada Materi Pokok Litosfer Tahun Ajaran 2004/ 2005 Di SMA Negeri 2 Rembang.]
Preview
PDF (Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi Bidang Studi Geografi Kelas X Pada Materi Pokok Litosfer Tahun Ajaran 2004/ 2005 Di SMA Negeri 2 Rembang.) - Published Version
Download (400kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi bidang studi geografi Kelas X di SMA Negeri 2 Rembang ini tidak terlepas dari kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Guru geografi kelas X dalam menerapkan KBK dituntut untuk lebih kreatif dalam mengajar, bukan hanya sekedar memberi bekal pengetahuan geografi tetapi juga bekal keterampilan hidup yang terkait dalam bidang geografi kepada siswa. Interaksi antara guru dan siswa merupakan ujung tombak pelajaran geografi yang merupakan faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan pelaksanaan KBK bidang studi geografi kelas X materi pokok litosfer. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini : (1) bagaimana persiapan dan pelaksanaan KBK bidang studi geografi kelas X materi pokok litosfer di SMA Negeri 2 Rembang ? (2) apakah pelaksanaan KBK bidang studi geografi kelas X materi pokok litosfer di SMA Negeri 2 Rembang telah sesuai yang ditentukan oleh pemerintah ? (3) bagaimana evaluasi hasil belajar siswa pada materi pokok litosfer yang berbasis kompetensi di SMA Negeri 2 Rembang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Rembang tahun ajaran 2004/ 2005 yang terdiri dari 5 (lima) kelas dengan jumlah 178 siswa. pengambilan sampel yang berjumlah 45 siswa dilakukan dengan proportional random sampling. Ada 4 (empat) variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu : (1) metode pengajaran, (2) media instruksional pengajaran, (3) sumber pembelajaran dan (4) karakteristik KBK. Data diambil dengan teknik observasi dan dokumentasi sebagai metode utama, sedangkan teknik kuesioner sebagai data pelengkap. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan KBK bidang studi geografi materi pokok litosfer kelas X SMA Negeri 2 Rembang tahun ajaran 2004/ 2005 termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari pendapat siswa yang menyatakan sangat setuju dengan penggunaan metode ceramah bervariasi yaitu mencapai 51,1 %, sedangkan dengan penggunaan metode demonstrasi siswa menyatakan sangat tertarik dengan persentase 55,6 %. Pada penggunaan media pengajaran siswa menyatakan sangat perlu dengan media lingkungan yaitu mencapai 66,7 %, sedangkan pada penggunaan media gambar siswa menyatakan sangat perlu dengan persentase 82,2 % dan pendapat siswa menyatakan jika belajar dengan menggunakan media akan sangat mudah dipahami dengan persentase 48,9 %. Tentang penggunaan sumber belajar, siswa menyatakan sangat setuju dengan penggunaan buku paket yaitu mencapai 55,6 % dan frekuensi untuk menggunakan atau mencari sumber pembelajaran dari perpustakaan siswa menyatakan masih jarang dengan persentase 44,4 %. Karakteristik KBK yang telah tampak pada kegiatan belajar mengajar materi pokok litosfer ini adalah antara lain : (1) menggunakan keseluruhan sumber belajar, (2) strategi belajar individual personal, (3) kemudahan belajar, (4) belajar tuntas, (5) pembelajaran menggunakan metode yang bervariasi dan (6) penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru dan sekolah yang bersangkutan. Untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran yang akan datang diharapkan guru dapat melaksanakan KBK secara terpadu, sehingga prestasi siswa dapat lebih baik. Pelaksanaan KBK bidang studi geografi materi pokok litosfer kelas X hendaknya diwujudkan dalam penerapan indikator pembelajaran yang baik dan tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Kurikulum Berbasis kompetensi, Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2011 00:25
Last Modified: 25 Apr 2015 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item