KEEFEKTIFAN KONSELING SINGKAT BERFOKUS PADA SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA DI SPMA NEGERI H MOENADI
Maryani , 1301414080 (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING SINGKAT BERFOKUS PADA SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA DI SPMA NEGERI H MOENADI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING SINGKAT BERFOKUS PADA SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA DI SPMA NEGERI H MOENADI)
- Published Version
Download (607kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya tingkat self-regulated learning pada siswa di SPMA Negeri H Moenadi berdasarkan pada hasil pre-test yang telah dilakukan. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah perlakuan untuk membantu meningkatkan self-regulated learningpada siswa tersebut.Pada penelitian ini peneliti mencoba menerapkan konseling singkat berfokus pada solusi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan self-regulated learningpada siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive samplingdan random assignment.Dari 144 siswa kelas X yang dijadikan sebagai populasi, kemudian dipilih lima siswa sebagai subjek penelitian dengan catatan memenuhi krieria inklusi dan ekslusi yang telah ditentukan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala self-regulated learning yang telah dilakukan uji validitas dan reliabiitas. Uji validitas menggunakan uji validitas konstruk dan isi, sementara reliabilitas yang digunakan adalah alpha cronbach. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan uji wilcoxonMatch Pairs Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil pre-test dan post-test sebesar (M=1,29) pada kelima subjek. Apabila dilihat berdasarkan indikatornya, ketiga aspek self-regulated learningmengalami peningkatan sebesar (M=1,29). Adapun hasil uji hipotesis wilcoxon mendapatkan Z= (-2,023) , p (0,043) ,05. Artinya, terdapat perbedaan self-regulated learning pada siswa antara sebelum dan sesudah diberikan treatment konseling singkat berfokus pada solusi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling singkat berfokus pada solusi terbukti efektif dalam meningkatkan self-regulated learning pada siswa di SPMA Negeri H Moenadi. Oleh karena itu, guru BK di sekolah hendaknya lebih intensif dalam memperhatikan regulasi diri siswa dalam belajarnya, guna memperleh hasil belajar yang maksimal. Guru BK hendaknya mampu meningkatan ketrampilan teknik konseling pada dirinya, terutama teknik konseling individu dengan pendekatan konseling singkat berfokus pada solusi. Adapun intervensi yang dapat dikembangkan untuk mendukung keterampilan konselor sekolah seperti pembingkaian kembali (reframing), pengunaan skala (scalling), pertanyaan mukjizat , pencarian kompetisi, pencarian perkecuailian, dan perubahan pra-sesi terapi
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Singkat Berfokus pada Solusi, Self-Regulaed Learning |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 14:30 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 14:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33377 |
Actions (login required)
View Item |