KEFEKTIFAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 KOTA SEMARANG


Elia Fetika Sari , 1301414052 (2019) KEFEKTIFAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEFEKTIFAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (KEFEKTIFAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (710kB) | Preview

Abstract

Fenomena dalam penelitian ini ada 19% siswa kelas IV C yang terindikasi kurang disiplin dengan permasalahan yang sama yaitu perilaku datang terlambat dan mengumpulkan tugas tidak sesuai dengan tagihan guru. Apabila hal ini dibiarkan tanpa adanya usaha untuk meningkatkan maka akan menghambat perkembangan moral anak di masa yang akan datang. Teknik token economy dinilai sebagai salah satu intervensi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kediiplinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik token economy untuk meningkatkan kedisiplinan. Jenis penelitian yaitu eksperimen fokus pada modifikasi perilaku dengan single subject design pola multiple baseline across behavior. Tahapan penelitian mencakup fase pre-baseline, baseline, dan intervensi. Perilaku yang diubah adalah menurunkan durasi datang terlambat dan meningkatkan frekuensi mengumpulkan tugas. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas IV C. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pre-baseline, baseline dan intervensi, daftar cek dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis visual grafik. Hasil analisis visual grafik ketiga subjek pada perilaku datang terlambat fase baseline memiliki rata-rata (mean) 25.86, kecenderungan grafik (trend of performance) cenderung naik (ascending) dan level data (level of performance) sebesar 5.77. Untuk fase intervensi memiliki rata-rata 6.92 dan kecenderungan arah turun (descending). Sedangkan untuk perilaku mengumpulkan tugas pada fase baseline memiliki rata-rata 2.375, kecenderungan grafik (trend of performance) cenderung turun (descending) dan level data (level of performance) sebesar 1. Ketika intervensi dilakukan rata-rata menjadi 6.25 dan kecenderungan grafik (trend of performance) cenderung naik (ascending). Stabilitas yang digunakan antara 10-15%. Dengan adanya perubahan pada fase baseline dan intervensi masing-masing target behavior dapat diketahui bahwa teknik token economy dapat menurunkan durasi datang terlambat dan meningkatkan mengumpulkan tugas sesuai tagihan dari guru dengan kata lain teknik token economy efektif meningkatkan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, single subject design, token economy
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 14:35
Last Modified: 27 Nov 2019 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33373

Actions (login required)

View Item View Item