PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK TERHADAP KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS VIII DAN IX DI SMP NEGERI SE – KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2018/2019


Nur Ika Zulfa , 1301414016 (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK TERHADAP KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS VIII DAN IX DI SMP NEGERI SE – KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK TERHADAP KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS VIII DAN IX DI SMP NEGERI SE – KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK TERHADAP KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS VIII DAN IX DI SMP NEGERI SE – KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi pada beberapa siswa SMP Negeri se-Kabupaten Pati, berdasarkan hasil skala keterbukaan diri siswa yang mempunyai keterbukaan diri rendah sebesar 71% dan wawancara dengan beberapa siswa dapat disimpulkan bahwa siswa masih belum membuka diri kepada Guru BK sehingga dapat mengambat proses konseling. Tujuan penelitian ini adalah yaitu untuk mengetahui tingkat keterbukaan diri siswa kelas VIII dan IX di SMP Negeri se-Kabupaten Pati, mengetahui kompetensi kepribadian guru BK di SMP Negeri se-Kabupaten Pati, mengetahui kompetensi profesional guru BK di SMP Negeri se-Kabupaten Pati, mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian Guru BK terhadap keterbukaan diri siswa di SMP se-Kabupaten Pati, mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru BK terhadap keterbukaan diri siswa di SMP se-Kabupaten Pati dan mengetahui pengaruh kompetensi pribadi dan kompetensi profesional terhadap keterbukaan diri siswa di SMP se-Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif explanatory. Sampel yang digunakan berjumlah 348 siswa dengan teknik pengambilan sampel area sampling dan proportionate stratified random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala psikologis keterbukaan diri, skala psikologis kompetensi kepribadian Guru BK dan kompetensi profesional Guru BK. Validitas diuji dengan rumus korelasi produc moment dengan taraf kesalahan sebesar 5% dan reliabilitas diuji dengan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif presentase, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat keterbukaan diri siswa mayoritas berada pada kategori sedang sebesar 65,4%, (2) tingkatan kompetensi kepribadian Guru BK berada pada kategori sedang sebesar 70,3 %, (3) tingkatan kompetensi profesional Guru BK berada pada kategori sedang sebesar 66,9%, (4) Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian terhadap keterbukaan diri siswa sebsar 28,2%, (5) terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap keterbukaan diri siswa sebesar 15,5%, (6) dan terdapat pula pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional Guru BK teradap keterbukaan diri siswa sebsar 54,3%. Simpulan penelitian ini yaitu semakin tinggi tingkat kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional Guru BK maka siswa akan semakin terbuka kepada Guru BK. Saran yang dapat diberikan kepada Guru BK hendaknya dijadikan bahan informasi dan evaluasi agar lebih baik dalam memberikan pelayanan BK khususnya menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat dan memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterbukaan Diri, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 13:36
Last Modified: 27 Nov 2019 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33367

Actions (login required)

View Item View Item