HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN INFORMASI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA BHAKTI PRAJA BATANG
Lian Navis Naqifa Hutama , 1301413098 (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN INFORMASI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA BHAKTI PRAJA BATANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN INFORMASI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA BHAKTI PRAJA BATANG)
- Published Version
Download (885kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Bhakti Praja Batang yang menunjukkan bahwa siswa Berdasarkan hasil data awal yang dilakukan oleh peneliti dan berdasarkan informasi dari guru pembimbing maupun guru mata pelajaran, diperoleh informasi bahwa siswa kelas X SMA Bhakti Praja Batang masih ada sekitar 40% siswa yang memiliki penyesuaian diri rendah. Siswa yang penyesuaian dirinya rendah tersebut ditunjukkan dengan: sulit bergaul dengan teman temannya, siswa cenderung mengisolir diri, tidak konsentrasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, tidak melaksanakan tugas yang diberikan guru, malu ketika ingin bertanya, kurang menghargai temannya, kurang rasa hormat dan bertindak toleransi. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui dan menganalisis adakah hubungan persepsi siswa tentang layanan informasi sosial dan kemandirian terhadap penyesuaian diri siswa kelas X SMA Bhakti Praja Batang. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 95 siswa, menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh atau studi populasi siswa yang telah melakukan konseling individu 95 siswa. Alat pengumpul data menggunakan skala persepsi siswa tentang layanan informasi, skala kemandirian, dan skala penyesuaian diri. Validitas diuji dengan rumus product moment, dan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan F hitung sebesar 15.960, sehingga hipotesis alternatif diterima. Maka disimpulkan bahwa penelitian ini ada hubungan secara bersama-sama antara persepsi layanan informasi sosial dan kemandirian sosial terhadap penyesuaian diri siswa kelas X SMA Bhakti Praja Batang. (2) diperoleh hasil Rhitung sebesar 0,394 dengan p= 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa variabel kemandirian (X2) memiliki hubungan signifikan dengan variabel penyesuaian diri (Y) sebesar 0,394. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan “ada hubungan signifikan antara kemandirian sosial dan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Bhakti Praja Batang” dapat diterima, sehingga disimpulkan bahwa semakin tinggi kemandirian sosial yang dimiliki oleh siswa maka akan semakin tinggi pula penyesuaian diri siswa. (3) dapat dilihat hasil Rhitung sebesar 0,494 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti hipotesis ketiga yang menyatakan “ada hubungan yang signifikan antara layanan informasi sosial dan kemandirian sosial terhadap penyesuaian diri siswa kelas X SMA Bhakti Praja Batang” dapat diterima, sehingga disimpulkan bahwa variabel independent layanan informasi sosial dan kemandirian sosial secara bersama-sama berhubungan terhadap penyesuaian diri siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa tentang layanan informasi sosial, kemandirian siswa,penyesuaian diri siswa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 13:37 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 13:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33365 |
Actions (login required)
View Item |