PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG BELAJAR (MOTIVASI BELAJAR) DI SMP NEGERI 39 SEMARANG


Afit Nur Khikmah , 1301412125 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG BELAJAR (MOTIVASI BELAJAR) DI SMP NEGERI 39 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG BELAJAR (MOTIVASI BELAJAR) DI SMP NEGERI 39 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG BELAJAR (MOTIVASI BELAJAR) DI SMP NEGERI 39 SEMARANG) - Published Version
Download (520kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan evaluasi hasil pada layanan bimbingan klasikal bidang belajar (motivasi belajar) membutuhkan instrumen. Instrumen yang digunakan harus akurat, guna menghasilkan data/informasi yang akurat, instrumen yang tidak akurat akan menghasilkan data/informasi yang tidak akurat pula. Permasalahan terkait, berdasarkan dari hasil temuan di SMP Negeri 39 Semarang, bahwa guru BK dalam melaksanakan evaluasi hasil bimbingan klasikal belum maksimal. Hal tersebut terjadi karena tidak tersedianya instrumen evaluasi hasil yang akurat. instrumen yang tersedia masih bersifat universal, tidak sesuai dengan kebutuhan siswa dan rumit untuk dianalisis. Instrumen seharusnya mampu menyajikan data/informasi yang akurat untuk dijadikan sebagai bahan penilaian dan perbaikan terhadap pelaksanaan bimbingan klasikal bidang belajar (motivasi belajar). Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisa model faktual instrumen evaluasi hasil pelaksanaan bimbingan klasikal bidang belajar, (2) menghasilkan model instrumen evaluasi hasil pelaksanaan bimbingan klasikal bidang belajar (motivasi belajar) yang akurat. Metode penelitian ini research and development (R & D), melalui tahap: (1) melakukan pengumpulan data, menggunakan angket tertutup dan terbuka didukung dengan wawancara tidak terstruktur, (2) menyusun desain produk, (3) melakukan validasi ahli dan praktisi terhadap model hipotetik, menggunakan instrumen penilaian terhadap kelayakan produk dan keterbacaan produk, (4) revisi desain, (5) perbaikan akhir dalam rangka model akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) model faktual instrumen evaluasi hasil layanan bimbingan klasikal belum layak digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan bimbingan klasikal, (2) ditemukan desain model instrumen instrumen yang layak digunakan untuk mengevaluasi hasil layanan bimbingan klasikal bidang belajar (motivasi belajar), terdiri dari: (a) rasional, (b) tujuan instrumen, (c) prosedur, (d) kisi-kisi instrumen, (e) isi instrumen, dan (f) analisis data. Saran yang diajukan dalam penelitian adalah (1) sebagai pedoman guru BK dalam melaksanakan kegiatan evaluasi hasil pelaksanaan bimbingan klasikal bidang belajar (motivasi belajar), (2) untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan instrumen evaluasi hasil bimbingan klasikal dengan topik atau bidang yang lain dan di uji keefektifan produk, (3) sebagai masukan bagi jurusan BK agar dijadikan pedoman untuk mengembangkan mata kuliah evaluasi program bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Evaluasi Hasil, Bimbingan Klasikal, Bidang Belajar (Motivasi Belajar).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 12:21
Last Modified: 27 Nov 2019 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33357

Actions (login required)

View Item View Item