IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFULL INSTRUCTIONAL DESIGN DAN AUTHENTIC LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 4 SEMARANG


Taufik Akbar Ichsan Nurrohman , 1102415091 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFULL INSTRUCTIONAL DESIGN DAN AUTHENTIC LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFULL INSTRUCTIONAL DESIGN DAN AUTHENTIC LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 4 SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFULL INSTRUCTIONAL DESIGN DAN AUTHENTIC LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 4 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

hasil belajar siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 4 Semarang kurang maksimal. Sehingga perlu adanya inovasi pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Meaningfull Instructional Design dan Authentic Learning pada mata pelajaran multimedia kelas X di SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X semester II. Model pembelajaran Meaningfull Instructional Design diterapkan pada kelas kontrol yaitu kelas X MMD 1 dan model Authentic Learning diterapkan pada kelas eksperimen yaitu kelas X MMD 2 dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design atau eksperimen semu. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas butir soal menggunakan Product Moment Pearson. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji n-gain. Hasil penelitian didapatkan fakta bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan model MID dan Authentic mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar sebelum penerapan model pembelajaran dan sesudah penerapan model pembelajaran. Untuk kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan didapatkan rata-rata sebesar 74,97 dan meningkat menjadi 78,25 dan kelas eksperimen sebelumnya diperoleh rata-rata sebesar 76,57 meningkat menjadi 80,85. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai signifikansinya 0,20 < 0,05 dan t hitung ≥ t tabel (2,391≥ 1,997), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran model Meaningfull Instructional Design dan Authentic Learning di SMK Negeri 4 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Meaningfull Instructional Design, Authentic Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 12:23
Last Modified: 27 Nov 2019 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33354

Actions (login required)

View Item View Item