ANALISIS PARTISIPASI GURU, KETERLIBATAN ORGANISASI, DAN KOMITMEN MANAJER DALAM PELAKSANAAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA
Apri Ardiantoro , 1102415076 (2019) ANALISIS PARTISIPASI GURU, KETERLIBATAN ORGANISASI, DAN KOMITMEN MANAJER DALAM PELAKSANAAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS PARTISIPASI GURU, KETERLIBATAN ORGANISASI, DAN KOMITMEN MANAJER DALAM PELAKSANAAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan total quality management pembelajaran belum sepenuhnya optimal dilakukan oleh sekolah demi tercapainya tujuan sekolah dalam melaksanakan mutu sekolah yang berkualitas sekaligus sebagai lembaga pencetak lulusan yang siap kerja di dunia usaha. Partisipasi guru, keterlibatan organisasi dan komitmen manajer menjadi tiga aspek utama yang mendukung terlaksananya total quality management pembelajaran agar berjalan dengan optimal dan sesuai dengan tujuan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis a) partisipasi guru, b) keterlibatan organisasi dan c) komitmen manajer dalam pelaksanaan Total Quality Management Pembelajaran di SMK N 1 Rembang Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan yaitu Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Teknik Triangulasi yang dipakai yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) partisipasi guru dalam pelaksanaan total quality management pembelajaran di SMK N 1 Rembang Kabupaten Purbalingga dilakukan melalui kegiatan mendidik, membimbing, melatih dan penjaminan mutu yang ditunjukan dengan sikap tanggungjawab, kepedulian dan loyalitas pada pekerjaan dan profesi serta sebagai tenaga kerja, (2) keterlibatan organisasi dalam pelaksanaan total quality management pemebelajaran dilakukan melalui perbaikan secara berkelanjutan berdasarkan hasil evaluasi dari program yang sudah berjalan. Pelibatan stakeholder terdiri dari internal sekolah sendiri, orang tua peserta didik, komite dan masyarakat serta terlibat dalam kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri untuk memfasilitasi peserta didik sesuai dengan kompetensi keahlian sekaligus bentuk sinkronisasi pada penyusunan kurikulum dan penyesuaian sistem pembelajaran di sekolah, (3) komitmen manajer dalam pelaksanaan total quality management pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi (top leader) disekolah dalam kegiatan perencanaan program, mengorganisasikan program, menggerakan program, monitoring dan supervisi serta pengembangan budaya sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komitmen, Manajer, Organisasi, TQM |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 12:24 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 12:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33352 |
Actions (login required)
View Item |