HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS SISWA


Adensyah Nuralie , 1102415002 (2019) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS SISWA]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS SISWA) - Published Version
Download (953kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Duolingo, kemandirian belajar dan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa serta hubungan antara penggunaan aplikasi Duolingo dan kemandrian belajar dengan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa di SMKN 2 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan sampel sebanyak 58 siswa kelas XI jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) 1 dan 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan skala untuk penggunaan aplikasi Duolingo dan kemandirian belajar serta tes pada kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris. Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi dan korelasional. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data penggunaan aplikasi Duolingo, data kemandirian belajar dan data kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penggunaan aplikasi Duolingo pada siswa kelas XI Jurusan UPW 1 dan 2 masuk kedalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 78,83. Kemandirian belajar pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 61,44 dan kemampuan berkomunikasi bahasa inggris pada kategori tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 7,1; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan berbahasa inggris dengan penggunaan aplikasi Duolingo di SMKN 2 Semarang. Dengan persamaan regresi Y = 0,111 + 0,088 X1, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,455 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,207, atau variansi kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa 20,7% dapat dijelakan oleh variable penggunaan aplikasi Duolingo; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan berbahasa inggris dengan penggunaan aplikasi Duolingo di SMKN 2 Semarang. Dengan persamaan regresi Y = 2,672 + 0,071 X2, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,325 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,106, atau variansi kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa 10,6% dapat dijelakan oleh variable kemandirian belajar; (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan berbahasa inggris dengan penggunaan aplikasi Duolingo dan kemandirian belajar di SMKN 2 Semarang. Dengan persamaan regresi Y = -0,916 + 0,075 X1 + 0,034 X2, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,476 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,226, atau variansi kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa 22,6% dapat dijelaskan oleh variable penggunaan aplikasi Duolingo dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Duolingo, Hubungan, Media Pembelajaran Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Komunikasi Bahasa Inggris
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 19:02
Last Modified: 26 Nov 2019 19:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33340

Actions (login required)

View Item View Item