PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
RIZA FAJRIATURROHMAH , 1102414080 (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada tahun 2013 pemerintah telah resmi menetapkan untuk diberlakukannya K-13 sebagai kurikulum wajib di setiap satuan jenjang pendidikan. Salah satu tujuan ditetapkannya K-13 adalah mempersiapkan siswa untuk mampu berpikir kritis dan kreatif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan dengan melalui berbagai macam pendekatan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif hubungan kausal. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas X di SMA N 2 Ungaran yang berjumlah 433 siswa. Sedangkan untuk pengambilan samplingnya menggunakan probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling. Besaran jumah sampel ditentukan dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat error sampling 10% sehingga diperoleh sampel sejumlah 81 siswa. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disusun dalam jenis skala likert yang diberikan kepada sejumlah responden dengan melalui uji validitas dan reliabilitas. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan pada motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis; (2) tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan pada kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis; (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan strategi PBM terhadap kemampuan berpikir kritis; (4) tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan pada motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis melalui strategi PBM; dan (5) terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan pada kemaandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis melalui strategi PBM. Berikut ini beberapa saran dari peneliti; (1) perlu adanya suatu kesadaran pada setiap siswa bahwa motivasi belajar dan kemandirian belajar merupakan suatu kesatuan yang dominan berasal dari dalam diri sendiri, mempunyai peran yang sangat penting dalam suatu keberhasilan pembelajaran; (2) guru perlu menerapkan suatu strategi pembelajaran berbasis masalah dalam kegiatan pembelajarannya; (3) Sekolah mampu memfasilitasi setiap proses kegiatan pembelajaran baik pembelajaran dalam ruangan maupun diuar ruangan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, kemandirian belajar, pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 19:08 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 19:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33336 |
Actions (login required)
View Item |