MANAJEMEN KURIKULUM PADA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SDLB NEGERI BOYOLALI
Dian Indrianti , 1102412044 (2019) MANAJEMEN KURIKULUM PADA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SDLB NEGERI BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (MANAJEMEN KURIKULUM PADA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SDLB NEGERI BOYOLALI)
- Published Version
Download (855kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari dari latar belakang perubahan kurikulum bagi anak tunarungu yang terkait dengan pelaksanaan manajemen kurikulum di sekolah. Dengan adanya perubahan tersebut maka dibutuhkan manajemen kurikulum. Manajemen kurikulum dibutuhkan karena setiap perubahan kurikulum membawa dampak pada tatanan struktur kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kurikulum bagi anak tunarungu di SDLB Negeri Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, selanjutnya data dianalisis. Analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses manajemen kurikulum bagi anak tunarungu di SDLBN Boyolali yaitu meliputi kegiatan dari empat tahapan fungsi manajemen diantaranya adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. 2) evaluasi pengelolaan kurikulum menggunakan model Congruence yang menitikberatkan evaluasi pengelolaan program yang terdiri dari evaluasi rencana dan evaluasi hasil pembelajaran saja dan dilakukan sekali di akhir tahun ajaran. Evaluasi ditindaklanjuti dengan upaya perbaikan terhadap pengelolaan kurikulum di tahun berikutnya. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari penelitian tersebut maka peneliti memberikan beberapa saran diantaranya. 1) Proses perencanaan kurikulum sekolah yang sudah dilakukan sebaiknya didukung dengan kelengkapan dokumen serta administrasi. Seperti dokumen kurikulum, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan lain sebagainya. 2) Evaluasi kurikulum yang menitik beratkan pada progress dan bukan hasil sebaiknya menggunakan model evaluasi Educational System Evaluation akan lebih tepat karena model ini memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang proses pelaksanaan kurikulum di SDLB Negeri Boyolali
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen kurikulum, sekolah dasar luar biasa (SDLB) |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 12:20 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 12:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33316 |
Actions (login required)
View Item |