PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 41 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019


Risa Andriyani , 1102412011 (2019) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 41 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 41 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 41 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (776kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan di sekolah diantaranya dipengaruhi oleh adanya fasilitas perpustakaan yang memadai. Tugas pokok perpustakaan adalah menyediakan, mengolah, memelihara dan mendayagunakan koleksi bahan pustaka, menyediakan sarana pemanfaatan dan melayani pengguna yang membutuhkan informasi dan bahan bacaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan sekolah yang mencakup: (1) Perencanaan; (2) Pengorganisasian; (3) Pelaksanaan; (4) Pengawasan; (5) Kendala yang dialami; dan (6) Upaya yang harus dilakukan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 41 Semarang. Sumber data utama diperoleh dari informan utama yaitu petugas perpustakaan, wakasek kurikulum, guru bahasa indonesia, dan beberapa siswa, serta data pendukung dokumen-dokumen, dan foto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) Perencanaan perpustakaan sekolah : perencanaan bahan pustaka disesuaikan dengan pengguna serta mempertimbangkan relevansi, nilai guna, jumlah, kualitas fisik dan isi buku; perencanaan sarana prasarana disesuaikan kebutuhan dan ruang perpustakaan; perencanaan layanan disesuaikan kebutuhan pemakai; perencanaan anggaran dana untuk pembelian bahan pustaka, sarana prasarana dan ATK perpustakaan; (2) Pengorganisasian perpustakaan : berdasarkan kompetensi untuk menjadi koordinator, ditunjukkan dengan struktur organisasi, pengarahan serta pengkoordinasian; (3) Pelaksanaan perpustakaan : pelaksanaan bahan pustaka menyesuaikan peraturan pemerintah; penataan sarana prasarana disesuaikan ruang perpustakaan sebagai ruang pelayanan, ruang baca, ruang KBM, dan ruang koleksi; layanan perpustakaan terdapat 2 layanan yaitu sirkulasi dan teknis; dan penggunaan dana untuk pembelian keperluan perpustakaan didapatkan dari dana BOS; (4) Pengawasan dilakukan oleh pihak internal yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan koordinator perpustakaan; (5) Kendala yang dihadapi : kurangnya tenaga ahli atau pustakawan, kurangnya bahan pustaka di perpustakaan dan masih menggunakan sistem manual; (6) Upaya yang dilakukan yaitu mengikutsertakan petugas perpustakaan untuk mengikuti pelatihan atau seminar perpustakaan sehingga dapat melakukan pengelolaan perpustakaan dengan baik. Untuk bahan pustaka yang kurang lengkap, sekolah akan mengadakan kerja sama dengan penerbit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Perpustakaan Sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 12:24
Last Modified: 26 Nov 2019 12:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33313

Actions (login required)

View Item View Item