Peningkatan hasil belajar kimia kelas III IPA SMA Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak melalui trategi pemberian tugas rumah terstruktur.


Sri Wahyuningsih, 431990008 (2005) Peningkatan hasil belajar kimia kelas III IPA SMA Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak melalui trategi pemberian tugas rumah terstruktur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan hasil belajar kimia kelas III IPA SMA Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak melalui trategi pemberian tugas rumah terstruktur.]
Preview
PDF (Peningkatan hasil belajar kimia kelas III IPA SMA Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak melalui trategi pemberian tugas rumah terstruktur.) - Published Version
Download (15kB) | Preview

Abstract

Sistem pembelajaran kimia yang masih bersifat konvensional, mengakibatkan siswa cenderung merasa bosan. Kenyataan bahwa siswa kelas III IPA SMA N 2 Mranggen memperoleh hasil belajar yang masih rendah. Rata-rata nilai hasil belajar yang diperoleh siswa kelas III IPA-1 untuk pokok bahasan larutan penyangga adalah 5,99, hal yang sama juga dialami oleh siswa pada kelas yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas III IPA SMAN2 Mranggen dengan menggunakan strategi pemberian tugas rumah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas, dengan subyek di SMA N 2 Mranggen pada siswa kelas III IPA-1 semester I tahun pelajaran 2004/2005, dengan jumlah 36. Prosedur yang dilakukan merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari 3 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes akhir siklus dan menyebar angket akhir siklus. Tindakan kelas dilakukan dengan pemberian tugas rumah terstruktur. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada siklus I persentase rata-rata keaktifan siswa 73,22% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,39% dan ada peningkatan lagi pada siklus III menjadi 80,56%. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I 66,81 meningkat menjadi 72,22 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 80,14 pada siklus III. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa strategi pemberian tugas rumah terstruktur dapat meningkatkan aktifitas dan rata-rata hasil belajar siswa, dengan demikian dalam pembelajaran kimia guru diharapkan kreatif dan dapat mengembangkan metode atau pendekatan-pendekatan yang lebih efektif dan efisien untuk mendapatkan hasil belajar siswa yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:38
Last Modified: 15 Aug 2011 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3326

Actions (login required)

View Item View Item