PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERVISI SETS BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA


M. Agus Prayitno , UNNES and Nur Kusuma Dewi, BIOLOGI UNNES and Nanik Wijayati, UNNES (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERVISI SETS BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA. Journal of Innovative Science Education, 4 (2). pp. 59-65. ISSN 2502-4523

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERVISI SETS BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERVISI SETS BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA) - Published Version
Download (269kB) | Preview
[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERVISI SETS BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERVISI SETS BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Modul dapat membantu sekolah dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Modul pembelajaran kimia bervisi SETS berorientasi CEP masih jarang dijumpai di sekolah. Untuk itu diperlukan sebuah inovasi pengembangan modul bervisi SETS berorientasi CEP. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran kimia bervisi SETS berorientasi CEP pada materi larutan asam basa yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar, minat wirausaha, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Uji coba kelayakan produk pada penelitian ini dilaksanakan di MA Mu’allimin Mu’allimat dengan model penelitian one group pre-test and post-test design dan di MAN Rembang dengan model penelitian pre-test and post-test control group design. Data penelitian diperoleh dengan metode validasi, observasi, dokumentasi, tes, dan skala Likert. Hasil validasi modul menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia bervisi SETS berorientasi CEP sangat layak digunakan dalam pembelajaran kimia dengan skor rata-rata pada aspek kelayakan isi 95,00, aspek penyajian 95,33, aspek kebahasaan 95,00, dan aspek kegrafikan 94,44. Hasil analisis N-gain skala kecil menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar sebesar 0,27, minat wirausaha sebesar 0,25, dan hasil belajar siswa sebesar 0,80. Sedangkan pada ujicoba skala luas menunjukkan peningkatan sebesar 0,27, 0,17, dan 0,66

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CEP, Learning Module, SETS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Sep 2019 13:12
Last Modified: 11 Sep 2019 00:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32957

Actions (login required)

View Item View Item