KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 07 KLAREYAN KABUPATEN PEMALANG


Danti Yunita Putri , 1401414134 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 07 KLAREYAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT  TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS  SISWA KELAS V SD NEGERI 07 KLAREYAN  KABUPATEN PEMALANG ] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 07 KLAREYAN KABUPATEN PEMALANG )
Download (4MB)

Abstract

Salah satu faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran IPS yaituguru kurang inovatif dalam mengemas pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran IPS. Hal tersebut dapat berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Inovasi dalam pembelajaran IPS, salah satunya menerapkan model pembelajaran Cooperative Script. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsi keefektifan model Cooperative Script dibandingkan dengan model konvensional pada pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 07 Klareyan Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas dan homogenitas, serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis yaitu uji perbedaan dan uji keefektifan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 07 Klareyan tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 56 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan minat dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan thitung > ttabel (5,332 > 2,005) ix dan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05, sedangkan uji keefektifan terhadap minat belajar menggunakan uji One Sample t-test menunjukkan nilai thitung > ttabel (7,372 > 2,048). Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples ttest menunjukkan thitung > ttabel (3,441 > 2,005) dan nilai signifikansi 0,001 ˂ 0,05, sedangkan uji keefektifan terhadap hasil belajar menggunakan uji One Sample ttest menunjukkan nilai thitung > ttabel (5,344 > 2,048). Dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Script efektif terhadap minat dan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Script, Hasil belajar, dan Minat belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2019 15:48
Last Modified: 16 Jul 2019 15:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32746

Actions (login required)

View Item View Item