DESAIN PROSES PENGEMBANGAN KURIKULUM DI KELAS MATRIKULASI MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH AL ASROR SEMARANG


Husnul Khotimah , 1102414099 (2018) DESAIN PROSES PENGEMBANGAN KURIKULUM DI KELAS MATRIKULASI MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH AL ASROR SEMARANG. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of DESAIN PROSES PENGEMBANGAN KURIKULUM DI KELAS MATRIKULASI MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH AL ASROR SEMARANG]
Preview
PDF (DESAIN PROSES PENGEMBANGAN KURIKULUM DI KELAS MATRIKULASI MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH AL ASROR SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Madrasah Diniyah merupakan lembaga pendidikan nonformal yang diselenggarakan dalam bentuk satuan pendidikan. Salah satu hal yang sangat penting dalam satuan pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum Madrasah Diniyah dapat dikembangkan sendiri oleh lembaganya berdasarkan kekhasan masingmasing. Pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah Salafiyah Al Asror belum mengikuti macam model pengembangan kurikulum yang ada dalam khasanah perkembangan kurikulum modern. Untuk itu, diperlukan sebuah penelitian yang difokuskan pada pengembangan desain proses pengembangan kurikulum hingga menghasilkan desain kurikulum dan perangkat pembelajaran yang tepat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pengembangan atau Developmental Research. Adapun model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan kurikulum adalah model Hilda Taba. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan Interpretatif Phenomenological Analysis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa karakteristik pembelajaran di Madrasah Diniyah Salafiyah Al Asror dapat dilihat dari 6 (enam) bagian yaitu (1) jam pembelajaran, (2) pendekatan pembelajaran, (3) sistem pembelajaran, (4) metode pembelajaran, (5) struktur program dirosah dan rancangan MGMP (Musyawaroh Guru Mata Pelajaran), dan (6) inovasi kurikulum. Kemudian, Desain proses pengembangan kurikulum yang tepat untuk Madrasah Diniyah Salafiyah Al Asror Semarang adalah mengikuti model pengembangan kurikulum Hilda Taba yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik-karakteristik yang ada. Adapun desain proses pengembangan kurikulum tersebut yaitu pertama, diagnosis kebutuhan, kedua, perumusan tujuan, ketiga, pemilihan isi, keempat, organisasi isi, kelima, pemilihan pengalaman belajar, keenam, organisasi pengalaman belajar, ketujuh, evaluasi dan sarana evaluasi. Dari proses pengembangan kurikulum tersebut terbentuk sebuah dokumen kurikulum yang dikhususkan untuk kelas Matrikulasi Madrasah Diniyah Salafiyah Al Asror. Dokumen kurikulum tersebut kemudian divalidasi oleh validator. Hasil validasi menyatakan bahwa dokumen kurikulum kelas Matrikulasi Madrasah Diniyah Salafiyah Al Asror memperoleh nilai angka 88 (delapan puluh delapan) dengan kategori kelayakan ―baik‖. vii KATA PENGANTAR Alhamdulillahirabbil‟alamiin. Puji syukur penulis panjatkan ke had

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Perangkat Pembelajaran, Madrasah Diniyah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Jul 2019 12:29
Last Modified: 01 Jul 2019 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32742

Actions (login required)

View Item View Item