Bentuk Kerjasama Antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang tahun pelajaran 2009/2010


Siti Faizah , 1301405013 (2011) Bentuk Kerjasama Antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Bentuk Kerjasama Antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang tahun pelajaran 2009/2010]
Preview
PDF (Bentuk Kerjasama Antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang tahun pelajaran 2009/2010) - Published Version
Download (927kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang kerap muncul dalam proses belajar mengajar adalah masalah kesulitan belajar. Kesulitan belajar tidak hanya bersifat instruksional, namun sering juga bersifat non-instruksional, maka penanganannya memerlukan kerjasama antara guru mata pelajaran dan guru pembimbing sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yaitu memilih suatu kejadian atau gejala mengenai kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar. Subyek penelitian yang digunakan adalah guru pembimbing dan guru mata pelajaran di SMP Negeri 22 Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah tiga subyek, dua diantaranya adalah guru BK dan seorang guru mata pelajaran. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam. Uji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah bentuk kerjasama antara guru pembimbing dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar siswa sudah cukup terjalin namun belum secara keseluruhan, kerjasama yang terjalin lebih pada saling memberikan data siswa dari guru BK maupun dari guru mata pelajaran baik berupa data tertulis maupun informasi verbal mengenai nilai, perilaku serta permasalahan lain yang dialami siswa. Kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar terjalin bilamana dihadapkan pada permasalahan siswa yang tidak dapat diselesaikan oleh guru BK dengan siswa saja atau antara guru mata pelajaran dengan siswa saja, sehingga perlu melibatkan pihak lain seperti guru mata pelajaran, wali kelas dan orang tua. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bentuk kerjasama antara guru pembimbing dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar siswa tidak selalu terjalin, hal ini tergantung pada permasalahan yang dihadapi siswa dan frekuensinya pun lebih banyak pada tahap pengumpulan data siswa. Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah hendaknya guru BK lebih aktif dalam mengadakan kerjasama dan komunikasi secara terbuka dengan guru mata pelajaran sehingga menghasilkan upaya bantuan yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kerjasama, guru Bimbingan dan Konseling , guru mata pelajaran, kesulitan belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Aug 2011 02:46
Last Modified: 25 Apr 2015 05:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3271

Actions (login required)

View Item View Item