Efektivitas Strategi Learning Start With a Question (LSQ) Dipadukan dengan Kooperatif Jigsaw II pada Pembelajaran Sistem Reproduksi


Murti Wijayanti , 4401406028 (2011) Efektivitas Strategi Learning Start With a Question (LSQ) Dipadukan dengan Kooperatif Jigsaw II pada Pembelajaran Sistem Reproduksi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Strategi Learning Start With a Question (LSQ) Dipadukan dengan Kooperatif Jigsaw II pada Pembelajaran Sistem Reproduksi]
Preview
PDF (Efektivitas Strategi Learning Start With a Question (LSQ) Dipadukan dengan Kooperatif Jigsaw II pada Pembelajaran Sistem Reproduksi) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran yang tepat perlu diterapkan untuk tercapainya interaksi yang mendukung kegiatan belajar siswa. Akan tetapi dalam pembelajaran penerapan strategi pembelajaran yang memperhatikan aspek kesiapan dan keaktifan siswa belum dilakukan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan strategi Learning Start With a Question (LSQ) dipadukan dengan kooperatif Jigsaw II, dengan pembelajaran diskusi konvensional, dan efektivitas strategi LSQ dipadukan dengan kooperatif Jigsaw II pada pembelajaran sistem reproduksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Post-Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP 1 Kragan kabupaten Rembang, sedangkan sampelnya 2 kelas yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX F sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan strategi LSQ dan kopoeratif Jigsaw II, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar, kesiapan siswa, dan kemampuan bertanya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan dengan t hitung 1,943 > t tabel 1,67. Ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 88,89% sedangkan kelas kontrol sebesar 63,89%. Aktivitas kelas eksperimen 83,58% lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 76,93%, begitu juga dengan motivasi kelas eksperimen sebesar 91,51% yang lebih besar daripada kelas kontrol 88,25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran strategi LSQ yang dipadukan dengan kooperatif Jigsaw II efektif diterapkan pada materi sistem reproduksi di SMP 1 Kragan. Saran yang diajukan adalah dalam menngunakan strategi LSQ yang dipadukan dengan kooperatif Jigsaw II lebih mengoptimalkan waktu dan lebih memperdalam materi setelah diskusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sistem reproduksi, strategi LSQ, kooperatif Jigsaw II
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2011 03:16
Last Modified: 25 Apr 2015 05:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3258

Actions (login required)

View Item View Item