PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN RANGKUMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA VIDEO BERITA BENCANA ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 2 BOJA


Imas Dwijayanti , 2101412162 (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN RANGKUMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA VIDEO BERITA BENCANA ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 2 BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412162.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Hasil keterampilan peserta didik pada kelas VII B SMP Negeri 2 Boja dalam menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi masih rendah. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru bahasa Indonesia kelas VII B SMP Negeri 2 Boja. Hambatan yang dialami oleh peserta didik adalah masih mengalami kesulitan dan kebingungan ketika menuangkan ide pokok atau gagasan utama menjadi sebuah rangkuman teks laporan teks laporan hasil observasi. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang bervariatif sehingga peserta didik kurang antusias dan kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Upaya dan solusi yang dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dan media video berita bencana alam untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi menggunakan model Discovery Learning dan media video berita bencana alam pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Boja, (2) bagaimana peningkatan keterampilan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi menggunakan model discovery learning dan media video berita bencana alam pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Boja, dan (3) bagaimana perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi menggunakan model Discovery Learning dan media video berita bencana alam pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Boja. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini yaitu keterampilan menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Boja yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada semua aspek penelitian. Hasil tes keterampilan menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi mengalami peningkatan sebesar 9,50 poin atau sebesar 13,50%. Nilai rata-rata peserta didik siklus I yaitu 70,37 dalam kategori cukup, setelah dilakukan tindakan siklus II mencapai 79,87 dengan kategori baik. Selain itu, perilaku peserta didik mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan positif setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menerapkan model dan media pembelajaran yang tepat sehingga peserta didik antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi. Penelitian bisa dilakukan dengan menggunakan model atau media pembelajaran yang lain sehingga dapat menjadi alternatif pilihan dalam pembelajaran menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi, model discovery learning, media video berita bencana alam, perilaku peserta didik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2019 20:35
Last Modified: 12 Apr 2019 20:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32481

Actions (login required)

View Item View Item