PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MATERI TATA SURYA UNTUK MENGUKUR LITERASI SAINS SISWA SMP
Peny Nur Salamah , 4201413032 (2017) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MATERI TATA SURYA UNTUK MENGUKUR LITERASI SAINS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (645kB) | Preview |
Abstract
Hasil penelitian PISA (Programme for Student International Achievement) dari 2 periode terakhir 2013-2015 menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa di Indonesia rendah. Alat evaluasi yang digunakan guru mengacu pada kognitif dan kurang memperhatikan keterampilan proses sains, sehingga perlu dikembangkan alat evaluasi berbasis literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, karakteristik, dan profil kemampuan literasi sains siswa berdasarkan alat evaluasi yang telah dikembangkan. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau (Research and Development) yang mengahsilkan suatu produk. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP N 41 Semarang. Alat evaluasi menggunakan instrumen pilihan ganda beralasan sebanyak 20 butir soal materi tata surya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat evaluasi dinyatakan valid dan reliabel. Nilai validitas isi pada kelayakan materi, konstruksi dan bahasa sebesar 87,5%; 80%; dan 84% serta nilai reliabilitas sebesar 0,825 pada uji coba awal dan 0,803 pada uji coba akhir. Berdasarkan perbandingan empat kategori literasi sains yaitu (a) sains sebagai batang tubuh, (b) sains sebagai cara untuk menyelidiki, (c) sains sebagai cara berpikir, dan (d) interaksi sains, teknologi, dan masyarakat sebesar 35%:20%:20%:25%. Kemampuan literasi sains siswa SMP N 41 Semarang cukup baik pada kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan, tetapi kategori sains sebagai cara untuk menyelidiki kurang. Perlu digunakan soal pembanding PISA yang mencakup seluruh kategori literasi sains dan jumlah soal yang sebanding agar setara dengan soal yang telah disusun. Perlu meningkatkan empat kategori literasi sains pada siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alat evaluasi, literasi sains, kemampuan literasi sains, tata surya |
Subjects: | L Education > Special Education > Physical Education Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 20:34 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 20:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32480 |
Actions (login required)
View Item |