MODEL PEMBELAJARAN BERBANTUAN LKS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INKUIRI SISWA SMP


Nor Fitriani , 4201413015 (2017) MODEL PEMBELAJARAN BERBANTUAN LKS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INKUIRI SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (390kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA yang dilaksankan di sekolah masih mengacu pada pendekatan teacher centered, hal ini disebabkan karena tidak semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik ketika guru menerapkan pembelajaran dengan pendekatan student centered. Perlu dilaksanakan pembelajaran yang mengajak siswa menemukan sendiri konsep dengan membiasakan siswa melaksanakan keterampilan menemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran inkuiri berbantuan LKS literasi sains untuk meningkatkan keterampilan inkuiri siswa. Desain penelitian yg digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis non equivalent control group pretest-posttest dengan sampel yang dipilih berdasarkan purposive sampling yaitu kelas VIII G dan VIII H SMP Negeri 2 Jepara. Penilaian keterampilan inkuiri diperoleh dari hasil observasi dan relevansi jawaban saat siswa mengerjakan LKS. Analisis data menggunakan uji gain dan uji hipotesis t-test. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t yang didapatkan thitung > ttabel , peningkatan keterampilan inkuiri siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Lima aspek keterampilan inkuiri meningkat dari pertemua awal sampai pertemuan akhir. Analisis hasil belajar siswa diperoleh uji gain sebesar 0,63 pada kelas eksperimen, dengan pengaruh keterampilan inkuiri terhadap hasil belajar siswa sebesar 30,25%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, LKS Literasi Sains, Keterampilan Inkuiri
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2019 19:55
Last Modified: 12 Apr 2019 19:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32471

Actions (login required)

View Item View Item