ANALISIS PROFIL PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DAN KURIKULUM 2013


Chela Zumrotul Arfiyah , 4201413006 (2017) ANALISIS PROFIL PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201413006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (594kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis profil pemahaman konsep siswa yang menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan yang menggunakan kurikulum 2013. Penelitian dilakukan di dua sekolah berbeda yaitu di SMA Negeri 1 Pangkah dan SMA Negeri 2 Slawi yang ditinjau dari respon belajar dan aspek kognitifnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan tes pilihan ganda dengan alasan terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemahaman konsep yang dilihat dari segi respon belajar untuk sekolah yang menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) memiliki respon belajar yang masih kurang dari pada sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Dimana untuk respon terhadap proses pembelajaran yang menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) hanya mencapai 55% dan respon terhadap penerapan pembelajaran kontekstual sebesar 31,25%. Sedangkan untuk sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 mencapai persentase sebesar 77,5% dan respon terhadap penerapan pembelajaran saintifik berupa pembelajaran 5M mencapai persentase 80%. Namun berbeda jika profil pemahaman konsep dilihat dari aspek kognitifnya, hasil dari analisis data yang di dapat menjukkan bahwa tingkat persentase tahu konsep (TK) siswa yang menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan lebih tinggi yaitu sebesar 43,02% dari pada siswa yang menggunakan kurikulum 2013 yang memperoleh persentase sebesar 33,65%. Dimana pemahaman materi yang paling dipahami siswa pada masing-masing sekolah pun berbeda. Pada sekolah yang menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) ternyata siswa cenderung lebih memahami sub bab materi fluida statis sedangkan sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 cenderung lebih memahami pada sub bab materi fluida dinamis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profil pemahaman konsep, KTSP, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2019 19:24
Last Modified: 12 Apr 2019 19:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32466

Actions (login required)

View Item View Item