PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL SISWA SMA


Dian Ayu Antika , 4201412106 (2017) PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412106.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (328kB) | Preview

Abstract

Pentingnya keterampilan interpersonal diperlukan adanya pengintegrasian keterampilan pada proses pembelajaran. Penelitian pembelajaran pada umumnya membahas penguasaan konsep dalam inquiry, padahal keterampilan interpersonal juga penting sebagai bekal siswa dalam menjalani kehidupannya dimasa datang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menentukan peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan interpersonal siswa SMA melalui pembelajaran guided inquiry berbantuan lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group. Populasinya adalah siswa kelas X SMA N 12 Semarang. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas diberi treatment yang berbeda, yaitu kelas eksperimen diajar dengan model guided inquiry berbantuan lembar kerja siswa dan kelas kontrol diajar dengan model discovery. Berdasarkan uji gain pretest-posttest menunjukkan adanya peningkatan rata-rata penguasaan konsep pada kelas eksperimen sebesar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry; Penguasaan Konsep; Keterampilan Interpersonal.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 11 Apr 2019 15:30
Last Modified: 11 Apr 2019 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32446

Actions (login required)

View Item View Item