KONTRIBUSI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DITINJAU DARI KOMPETENSI PEDAGOGIK DI GUGUS PAUD NUSA INDAH KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG


INDAH NURMAYASARI, 1601911007 (2018) KONTRIBUSI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DITINJAU DARI KOMPETENSI PEDAGOGIK DI GUGUS PAUD NUSA INDAH KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601911007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu proses belajar mengajar erat kaitanya dengan pola dan strategi pendidikan yang diterapkan oleh pendidik dalam mengorganisasikan dan mengelola kelas. Seorang pendidik harus dapat mengelola kelasnya sehingga kegiatan pembelajaran yang diberikan menyenangkan bagi anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah gambaran pelaksanaan KKG Gugus Nusa Indah di Kecamatan Ampelgading? Untuk mengetahui manfaat dari kegiatan KKG ditinjau dari kompetensi pedagogik di gugus Nusa Indah Kecamatan Ampelgading ? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan KKG Gugus Nusa Indah di Kecamatan Ampelgading. Dan untuk mengetahui peranan KKG dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru digugus Nusa Indah Kecamatan Ampelgading. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen penelitiaanya human instrumen (peneliti sendiri). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi data atau dengan mencari data yang mendukung tujuan penelitian yang dirumuskan. Untuk menganalisa data hasil penelitian, digunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa KKG dilaksanakan sebanyak satu kali dalam satu bulan.Kegiatan KKG dilakukan selama dua jam dengan tema pembahasan yang berbeda. Hal ini bertujuan agar wawasan pendidik/anggota Gugus PAUD Nusa Indah berkembang lebih luas. Dalam hal ini peran KKG terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru antara lain: 1) meningkatkan pemahaman guru terhadap karakteristik perkembangan anak 2) meningkatkan kemampuan dalam pengembangan kurikulum, RPP dan silabus 3)sumber informasi pembaruan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, 4) wadah untuk mendiskusikan dan memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran, dan 5) wadah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi KKG, Kompetensi Pedagogik guru TK
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:49
Last Modified: 10 Apr 2019 14:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32427

Actions (login required)

View Item View Item