SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENYELEKSIAN PEMBERIAN KREDIT BAGI CALON NASABAH MENGGUNAKAN METODE AHP-TOPSIS (Studi Kasus: PD. Bank Perkreditan Rakyat BKK Susukan Kabupaten Semarang)


Hardo Pranomo , 4611412013 (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENYELEKSIAN PEMBERIAN KREDIT BAGI CALON NASABAH MENGGUNAKAN METODE AHP-TOPSIS (Studi Kasus: PD. Bank Perkreditan Rakyat BKK Susukan Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4611412013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (748kB) | Preview

Abstract

Kredit merupakan salah satu kegiatan dalam sebuah bank. Dalam proses penyeleksian pemberian kredit memiliki kriteri-kriteria yang dinilai, sehingga dalam penyeleksiannya diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan multikriteria untuk hasil yang lebih objektif. Metode yang digunakan pada sistem pendukung keputusan penyeleksian pemberian kredit bagi calon nasabah adalah kombinasi metode AHP dan metode TOPSIS. Metode AHP digunakan dalam pembobotan kriteria dan uji konsistensi terhadap matriks perbandingan berpasangan, sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk melakukan perankingan dalam penentuan alternatif terbaik. Tujuan penelitian adalah mengetahui perancangan dan membangun sistem pendukung keputusan penyeleksian pemberian kredit bagi calon nasabah menggunakan kombinasi metode AHP dan TOPSIS, serta mengetahui hasil implementasi kombinasi metode AHP dan TOPSIS sistem pendukung keputusan penyeleksian pemberian kredit bagi calon nasabah. Hasil yang diperoleh adalah sebuah sistem pendukung keputusan yang mempunyai keluaran sebuah ranking calon nasabah dari nilai preferensi tertinggi ke nilai preferensi terendah. Dari hasil perankingan tersebut, diperoleh bahwa calon nasabah yang memiliki nilai preferensi tertinggi yaitu nasabah P dengan nilai preferensi 0,901972 dan nasabah yang memiliki nilai preferensi terendah yaitu nasabah H1 dengan nilai preferensi 0,250392. Simpulan yang diperoleh adalah perancangan sistem pendukung keputusan penyeleksian pemberian kredit calon nasabah menggunakan metode AHP dan TOPSIS dibuat berdasarkan hasil yang diperoleh dari tahap pengumpulan data, selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk membuat desain sistem dan implementasi metode AHP dan metode TOPSIS pada sistem pendukung keputusan penyeleksian pemberian kredit ini dapat menentukan bobot kriteria yang konsisten dan memberikan perankingan calon nasabah dengan nilai preferensi tertinggi hingga nilai prefernsi terendah. Saran yang diperoleh, sistem ini dapat dikembangkan dengan menambahkan jenis kredit yang lainnya, serta menambahkan laporan untuk calon nasabah yang diterima atau ditolak permohonan kreditnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Analitical Hierarchy Process (AHP), Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Mar 2019 16:07
Last Modified: 04 Mar 2019 16:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32375

Actions (login required)

View Item View Item