SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KUALITAS TENUN IKAT TROSO KHAS JEPARA MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP)


Muhammad Nurul Umam , 4611412009 (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KUALITAS TENUN IKAT TROSO KHAS JEPARA MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4611412009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (270kB) | Preview

Abstract

Tenun ikat troso merupakan salah satu industri yang dimiliki kabupaten Jepara. Tenun ikat ini dimiliki warga desa Troso sejak tahun 1935 yang berasal dari tenun gendong warisan turun-temurun, pada tahun 1943 mulai berkembang tenun pancal dan kemudian tahun 1946 beralih lagi menjadi alat tenun bukan mesin (ATBM) sampai sekarang, ketrampilan ini juga terus berkembang seiring berjalannya waktu,dan produk yang di hasilkan juga semakin bagus. Tujuan penelitian adalah mengetahui perancangan dan membangun sistem pendukung keputusan menentukan kualitas kain tenun menggunakan kombinasi metode AHP dan profile matching, serta mengetahui hasil implementasi kombinasi metode AHP dan profile matching sistem pendukung keputusan menentukan kualitas kain tenun. Metode yang digunakan pada sistem pendukung keputusan menentukan kualitas kain tenun adalah kombinasi metode AHP dan metode profile matching. Metode AHP digunakan dalam pembobotan kriteria dan uji konsistensi terhadap matriks perbandingan berpasangan, sedangkan metode profile matching digunakan untuk melakukan perankingan dalam penentuan alternatif terbaik. Hasil yang diperoleh adalah sebuah sistem pendukung keputusan yang mempunyai keluaran sebuah ranking kain tenun dari nilai net flow tertinggi ke nilai net flow terendah. Dari hasil perankingan tersebut, diperoleh bahwa alternatif 81 yang memiliki nilai tertinggi yaitu kain dengan kode A81 dengan nilai 4.213 dan harga Rp. 82.000. Sedangkan nilai terendah yaitu kain A04 dengan nilai 2.847 dan harga Rp. 50.000. Simpulan yang diperoleh adalah perancangan sistem pendukung keputusan menentukan kualitas kain tenun menggunakan metode AHP dan profile matching dibuat berdasarkan hasil yang diperoleh dari tahap pengumpulan data, selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk membuat desain sistem dan implementasi metode AHP dan metode profile matching pada sistem pendukung keputusan menentukan kualitas kain ini dapat menentukan bobot kriteria yang konsisten dan memberikan alternatif kain dan harga secara akurat. Saran untuk penelitian ini, Pengembangan sistem yang selanjutnya diharapkan dapat didesain secara dinamis untuk kepentingan sistem pendukung keputusan dan lebih user friendly.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tenun Ikat Troso, Profile Matching, Analitical Hierarchy Process.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Mar 2019 16:03
Last Modified: 04 Mar 2019 16:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32374

Actions (login required)

View Item View Item