PERBANDINGAN METODE AHP-TOPSIS DAN AHP-WP UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PENGAJUAN PINJAMAN DANA PMW DI UNSEC


Eka Ardiyanto , 4611412005 (2017) PERBANDINGAN METODE AHP-TOPSIS DAN AHP-WP UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PENGAJUAN PINJAMAN DANA PMW DI UNSEC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4611412005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (296kB) | Preview

Abstract

Proses seleksi kelayakan pinjaman dana wajib dilakukan oleh lembaga yang menyalurkan bantuan dana untuk kebutuhan mengembangkan usaha ataupun mendirikan suatu usaha sesuai syarat yang ditentukan. Penilaian wajib dilakukan sebagai bahan pertimbangan sebelum pihak pelaksana memberikan keputusan menerima atau menolak pengajuan calon penerima pinjaman dana. Unnes Student Enterpreneurship Center (UNSEC) sebagai pelaksana Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) di Universitas Negeri Semarang (UNNES) berupaya memberikan keputusan terbaik dalam menyeleksi calon penerima dana PMW sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Penilaian yang dilakukan untuk pengambilan keputusan masih secara manual sehingga menemui banyak kendala. Sistem pendukung keputusan merupakan salah satu produk perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan. Banyak kombinasi metode untuk membantu menyelesaikan suatu permasalahan dalam sistem pendukung keputusan diantaranya adalah Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solutions (TOPSIS) atau AHP dengan Weighted Product (WP). Perbandingan kombinasi metode AHP-TOPSIS dan AHP-WP untuk sistem pendukung keputusan kelayakan pengajuan pinjaman dana di Unsec ini mempunyai tahapan yaitu metode AHP untuk perhitungan pembobotan pada masing-masing kriteria kemudian metode TOPSIS dan WP untuk menghitung peringkat. Perbandingan metode AHP-TOPSIS dan AHP-WP untuk sistem pendukung keputusan kelayakan pengajuan pinjaman dana PMW di UNSEC dengan data peserta PMW tahun 2015 sebanyak 50 diperoleh akurasi dengan mencari nilai Hamming Distance. Didapatkan presentase Hamming Distance 86% dengan waktu eksekusi 31.601 second untuk kombinasi AHP-TOPSIS dan presentase Hamming Distance 58% dengan waktu eksekusi 17.946 untuk kombinasi metode AHP-WP. Presentase Hamming Distance yang rendah dan semakin kecil waktu yang dibutuhkan untuk memproses data menunjukan bahwa kombinasi metode AHP-WP lebih baik untuk sistem pendukung keputusan kelayakan pengajuan pinjaman dana PMW di UNSEC karena mekanisme perhitungan yang hampir serupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Analytic Hieracy Process, Metode Technique Order Preference by Similarity to Ideal Solutions, Metode Weighted Product, Sistem Pendukung Keputusan.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Mar 2019 13:37
Last Modified: 04 Mar 2019 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32371

Actions (login required)

View Item View Item