PENGEMBANGAN MEDIA BUKLET ENVIROKAL BERBASIS PROBLEM SOLVING MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN


Tiffany , 4401413084 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BUKLET ENVIROKAL BERBASIS PROBLEM SOLVING MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401413084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (422kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa media pembelajaran biologi yang digunakan adalah buku paket dengan tingkatan berfikir pengetahuan dan pemahaman. Hal ini berakibat siswa menjadi belajar secara hafalan. Pembelajaran biologi yang dilaksanakan belum kontekstual, belum memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Pembelajaran ini menyebabkan persentase siswa yang tuntas KKM sebesar 60%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas buklet Envirokal (enviroment of Pekalongan) berbasis Problem Solving pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 3 Kota Pekalongan dengan rancangan penelitian Research and Development (R&D). Langkah penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan materi, manentukan jenis media, desain produk, validasi desain dan materi, revisi desain, uji coba produk skala kecil, revisi produk, uji coba produk skala luas, revisi produk, dan produk akhir. Uji coba skala kecil dilakukan pada 10 siswa dengan metode sampling proportionate stratified random sampling. Uji coba skala luas dilakukan dikelas X MIPA 4 dengan metode Sampling Purposive dan desain eksperimen One GroupPre-test Post-test Design. Hasil penilaian pakar terhadap buklet Envirokal berbasis Problem Solving memperoleh kriteria sangat layak dengan penilaian materi sebesar 92,3% dan penilaian media sebesar 95%. Hasil angket tanggapan guru dan siswa pada uji coba skala kecil berturut-turut memperoleh rata-rata persentase sebesar 88 % dan 88,3 % dengan kriteria sangat layak. Efektivitas buklet envirokal dalam pembelajaran dilihat dari hasil nilai pretest dan postest siswa dengan menghitung N-gain dan diperoleh N-gain sebesar 0,59 dalam kategori sedang. Selain N-gain, ketuntasan pemahaman konsep siswa menjadi indikator efektivitas buklet Envirokal dan memperoleh ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa buklet Envirokal berbasis Problem Solving materi pencemaran lingkungan layak dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buklet Envirokal, pencemaran lingkungan, pengembangan media, Problem Solving.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2019 19:37
Last Modified: 28 Feb 2019 19:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32343

Actions (login required)

View Item View Item