KORELASI ANTARA KEAKTIFAN SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER KELOMPOK ILMIAH REMAJA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BIOLOGI
Mia Maratush Sholiha Asror , 4401413067 (2017) KORELASI ANTARA KEAKTIFAN SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER KELOMPOK ILMIAH REMAJA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BIOLOGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (243kB) | Preview |
Abstract
Tantangan abad ke-21 khususnya biologi adalah kajian ilmu pengetahuan serta teknologi yang disertai dengan peningkatan keterampilan (p21 framework). Ekstrakurikuler kelompok ilmiah remaja adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian metode ilmiah yang melatih keterampilan proses dan menghasilkan karya ilmiah (Suyanta, 2009). Keterampilan proses sains biologi merupakan pendekatan yang sesuai untuk menyiapkan siswa pada tantangan ke- 21 (Turiman et al., 2012). Penelitian ini bertujuan menganalisis korelasi antara keaktifan siswa dalam KIR dengan keterampilan proses sains biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Keaktifan dinilai menggunakan lembar observasi. KPS biologi dinilai menggunakan lembar observasi dan soal pilihan ganda. Keterampilan proses sains memiliki komponen: mengamati, mendefinisikan secara operasional, mengidentifikasi dan mengontrol variabel, menafsirkan, meramalkan, hipotesis, merencanakan percobaan, melakukan penyelidikan dan berkomunikasi. keaktifan siswa menilai aktivitas visual, oral, listening, writing, motor, dan mental. Hasil Korelasi Pearson terdapat korelasi sebesar 92,9% dengan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 86,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel yang lain. Korelasi terlihat jika terjadi peningkatan terhadap keaktifan maka akan terjadi peningkatan nilai keterampilan. Kesimpulan penelitian adalah terdapat korelasi positif yang signifikan antara keaktifan siswa dalam KIR dengan KPS biologi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, keterampilan proses sains biologi, korelasi. |
Subjects: | L Education > Special Education > Biology Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 19:10 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 19:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32341 |
Actions (login required)
View Item |