EFEKTIVITAS MODEL IMPROVE BERSTRATEGI BIOEDUTAIMENT MATERI SISTEM SARAF TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS XI
Dewi Fatmawati , 4401413046 (2017) EFEKTIVITAS MODEL IMPROVE BERSTRATEGI BIOEDUTAIMENT MATERI SISTEM SARAF TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (333kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kemampuan sains siswa dikarenakan guru dalam mengajar kebanyakan masih kurang memperhatikan kemampuan berpikir siswa dan cenderung hanya menekankan pada aspek produk saja, Ketidaksesuaian porsi pada aspek sains yang diberikan guru berdampak pada perkembangan pembelajaran sains, misalnya siswa dijejali dengan konsep-konsep yang harus dihapalkan agar bisa mengerjakan soal-soal tetapi tidak memahami konsep yang terkandung di dalamnya. Salah satu model pembelajaran yang menekankan siswa aktif dengan latihan latihan untuk mengeksploitase ide-idenya adalah dengan model Improve. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan Model Improve berstategi Bioedutaiment materi Sistem saraf Kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 1 Kedungwuni dengan rancangan pre experimental design dengan desain one shot case study. Populasi Siswa Menengah Umum (SMA) kemudian diambil dua kelas untuk sampel yaitu SMA Negeri 1 Kedungwuni. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Siswa diberi perlakuan dengan menerapkan model improve berstrategi bioedutaiment materi sistem saraf manusia yang di dalamnya terdapat kegiatan pembelajaran yang menyenangkan yang disertai latihan-latihan soal pada tiap tahap pembelajaran yang dilakukan secara diskusi kelompok. Efektivitas penerapan strategi ini diukur dari apabila hasil tes kemampuan metakognitif siswa 75% mencapai kemampuan baik, dan memiliki aktivitas belajar tinggi. Data aktivitas diperoleh melalui lembar observasi dan data hasil tes kemampuan metakognitif diperoleh melalui nilai LKS, nilai evaluasi dan nilai tugas. Hasil penelitian ini adalah aktivitas dan hasil tes kemampuan metkognitif siswa. Rata-rata tingkat keaktivan siswa mencapai 89%. Ketuntasan hasil tes kemampuan metakognitif siswa mencapai 87,5% dan hasil tes kemampuan metakognitif siswa 54% siswa memiliki kemampuan baik sekali dan 46% memiliki kemampuan baik. Hasil perhitungan koefisien korelasi Kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 5 berturut turut 0,35 dan 0,45. Penerapan model Improve berstrategi bioedutainment efektif diterapkan dalam pembelajaran, aktivitas dan hasil tes kemampuan metakognitif siswa telah melampaui indikator yang telah ditentukan, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran Penerapan model Improve berstrategi bioedutainment materi sistem saraf efektif diterapkan dalam pembelajaran sistem saraf Manusia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bioedutainment, Improve, Metakognitif |
Subjects: | L Education > Special Education > Biology Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 18:59 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 18:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32337 |
Actions (login required)
View Item |