PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATERI SISTEM REGULASI


Elen Dining Riani , 4401412124 (2017) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATERI SISTEM REGULASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401412124.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (204kB) | Preview

Abstract

Kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran seringkali dipendam dan jarang diungkapkan oleh siswa dalam sebuah pertanyaan secara tertulis maupun secara lisan kepada guru rendahnya kemampuan bertanya siswa disebabkan oleh proses pembelajaran di kelas kurang meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kurang diaplikasikan langsung dengan kehidupan nyata sehari-hari. Kemampuan bertanya siswa dapat ditingkatkan dengan memberikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan nyata untuk dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Masalah tersebut diprediksi dapat diatasi dengan pembelajaran menggunakan model group investigation. Penelitian bertujuan untuk menganalisis penerapan model group investigation terhadap kemampuan bertanya siswa pada materi sistem regulasi. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Populasi penelitian adalah kelas XI MA Al-Irsyad Demak semester II tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ditentukan secara total sampling, yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan memberikan pembelajaran model group investigation. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Kemampuan bertanya siswa dinilai secara lisan dan tertulis dengan menggunakan instrumen yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar ≥ 80% yaitu 93,87%. Persentase siswa yang mendapatkan nilai kemampuan bertanya dengan kriteria minimal tinggi mencapai 98,26%, dengan uji peningkatan kemampuan bertanya dari pertemuan pertama sampai pertemuan kelima memperoleh kriteria tinggi dengan N-gain 0,703. Berdasarkan hasil analisis hubungan kemampuan bertanya dan hasil belajar siswa, diperoleh jumlah kuadrat deviasi untuk nilai Fhitung = 19,247 > Ftabel (0,05: 24) = 3,55 dengan persamaan regresinya adalah Y = 48,08 + 0,475 X artinya hasil belajar siswa dapat bertambah sebesar 0,475 kali dari setiap satu satuan variabel kemampuan bertanya siswa (X). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model group investigation pada materi pembelajaran sistem regulasi berhasil digunakan dan berpengaruh terhadap kemampuan bertanya siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group investigation, kemampuan bertanya, sistem regulasi
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Feb 2019 13:37
Last Modified: 27 Feb 2019 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32328

Actions (login required)

View Item View Item